Pj Wako dan Jajaran Berjalan Kaki Ziarah ke Makam Pendiri Pekanbaru

Pekanbaru | Kamis, 23 Juni 2022 - 08:17 WIB

Pj Wako dan Jajaran Berjalan Kaki Ziarah ke Makam Pendiri Pekanbaru
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun didampingi istri menabur bunga saat ziarah kubur ke makam Marhum Pekan di Kompleks Masjid Raya Senapelan jelang Hari Jadi ke-238 Kota Pekanbaru, Rabu (22/6/2022). (MHD AKHWAN/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sehari jelang peringatan Hari Jadi  ke-238 Kota Pekanbaru, Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Pekanbaru Muflihun dan jajaran berziarah ke makam pendiri Pekanbaru, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau Marhum Pekan, Rabu (22/6). Kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru.

Ziarah makam ini diikuti seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru dan juga forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh adat dan tokoh agama. Rombongan penziarah mendatangi makam yang berada di halaman Masjid Raya Pekanbaru atau Masjid Senapelan Pekanbaru di Kecamatan Senapelan. Pj Wako Muflihun beserta rombongan berjalan kaki dari kediaman Wali Kota Pekanbaru menuju lokasi makam.


Sesampainya di Masjid Raya Pekanbaru, sebelum melaksanakan prosesi acara, Pj Wako Muflihun beserta rombongan terlebih dahulu melaksanakan salat asar di Masjid Raya Pekanbaru. Setelah itu kemudian menuju ke makam dan pembacaan riwayat singkat tokoh yang di ziarahi, menabur bunga dan doa.

Pj Wako Muflihun mengatakan, berziarah ke makam para leluhur pendiri Pekanbaru Marhum Pekan ini bersempena peringatan Hari Jadi Pekanbaru ke-238 dan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

M Paspor
Iklan

Muflihun menyampaikan, agar masyarakat senantiasa mengingat peran penting dan jasa-jasa perjuangan para leluhur pendiri Kota Pekanbaru. Kegiatan ini, menurutnya juga merupakan bukti bahwa tidak pernah melupakan sejarah para pendiri Kota Pekanbaru.

"Tentu kita harus ingat jasa-jasa para pendiri Kota Pekanbaru ini. Mari kita doakan sehingga arwah para pendiri Kota Pekanbaru ini bisa ditempatkan di sisi Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Juga, mari kita besarkan kota yang telah didirikan oleh para pahlawan Kota Pekanbaru ini," ucap Muflihun.(yls)


Laporan DOFI ISKANDAR, Kota

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com