KESEHATAN

Tim Relawan Satgas Covid-19 Edukasi ke Pasar Arengka

Pekanbaru | Minggu, 23 Agustus 2020 - 16:01 WIB

Tim Relawan Satgas Covid-19 Edukasi ke Pasar Arengka
Tim Relawan dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Riau fotp bersama ketika melaksanakan edukasi pencegahan penularan penyakit covid-19 di pasar Arengka Jalan Soekarno-Hatta, Ahad (23/8/2020). (FOPIN A SINAGA/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Upaya untuk menumbuhkan kesadaran memperhatikan protokol kesehatan terus dilakukan. Salah satu pihak yang disasar karena sebagai tempat berkumpulnya banyak orang adalah lingkungan pasar.

Karenanya Tim Koordinator Relawan Satgas Covid-19 yang berada di bawah naungan Satgas Penanganan Covid-19 BNPB merasa perlu datang untuk mengedukasi ke pasar pagi Arengka di Jalan Soekarno-Hatta, Ahad (23/8/2020).


Ketua Bidang Relawan Pendukung Yulius Setiarto melalui Tim Relawan Hubert Marpaung SE mengatakan aksi edukasi pasar itu dilakukan dengan cara gerakan memakai masker, pembagian 1.000 masker, penempelan poster yang berisi khusus tentang protokol kesehatan di pasar. 

Kegiatan sejenis juga sudah dilakukan di kota lain. Sampai saat ini sudah dilakukan di lebih dari 150 pasar di Indonesia.

"Kita berharap dan berupaya untuk mencegah agar jangan terjadi kluster pasar sehingga baik pedagang maupun pembeli bisa tetap nyaman beraktivitas di pasar. Edukasi perlu dilakukan mengingat pasar termasuk salah satu tempat yang rawan terjadinya penularan virus corona," kata Hubert.

Tim Satgas Relawan yang berasal dari Jakarta ini menggandeng berbagai organisasi untuk ikut serta mengedukasi pasar. Organisasi itu adalah Relawan Lingkungan Mandiri, Satgas Covid DPD KNPI Riau, Banser DPW Ansor Riau dan GMKI Pekanbaru.

Kedatangan satgas ini disambut antusias oleh pedagang dan pembeli terutama saat pembagian masker. "Saat kami mengadakan edukasi kami menemukan cukup banyak yang tidak menggunakan masker. Karenanya, kami bagikan masker untuk dipakai. Kami juga menyosialisasikan pentingnya sering mencuci tangan dan menjaga jarak," katanya.

 

Laporan: Fopin A Sinaga (Pekanbaru)

Editor: E Sulaiman








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com