TERAKHIR DIGELAR TAHUN INI

Peserta UN 2020 Diikuti 17.651 Siswa

Pekanbaru | Senin, 24 Februari 2020 - 08:30 WIB

Peserta UN 2020  Diikuti 17.651 Siswa
(Abdul Jamal)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- PADA tahun ini, ujian nasional (UN) akan digelar untuk terakhir kalinya. Pada pelaksanaan terakhir ini, ada 17.651 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pekanbaru yang jadi pesertanya.

Sesuai kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem, UN mulai tahun 2021 nanti memang akan dihapus. Nantinya, UN akan digantikan oleh ujian akhir sekolah (UAS).


Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal akhir pekan lalu UN tahun 2020 direncanakan akan digelar April nanti. "Tahun ini peserta didik SMP masih mengikuti UN. Rencana April nanti," katanya.

Lebih lanjut dipaparkannya, ada 17.651 siswa SMP yang akan jadi peserta. Dengan rincian, yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mencapai 16.960 siswa dan yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) 691 siswa.

"Sekolah yang menggelar UNBK itu 144 sekolah," terang dia.

Sekolah-sekolah ini adalah 45 SMP negeri, 68 SMP swasta, tiga MTs negeri dan 28 Mts swasta. Sedangkan sekolah yang menggelar UNKP adalah 24 sekolah swasta.

"Menjelang UN para peserta didik akan ikut  tryout. Sampai sekarang persiapan UN belum ada kendala," ucapnya.

Untuk fasilitas dan peralatan pendukung, sejak jauh hari Disdik Kota Pekanbaru sebut Jamal sudah melakukan peninjauan. Termasuk juga terhadap lokasi pelaksanaan UN nantinya.

"UN tahun ini tidak cuma bagi peserta didik. Ada juga UNBK kesetaraan untuk paket B untuk SMA dan paket C untuk SMP," imbuhnya sambil mengatakan untuk ujian kesetaraan diperkirakan akan diikuti 2.000 orang.(ksm)

 

Laporan: M ALI NURMAN




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com