DOSIS II DI KANTOR CAMAT RUMBAI

BIN Selenggarakan Vaksinasi Massal

Pekanbaru | Selasa, 24 Agustus 2021 - 09:30 WIB

BIN Selenggarakan Vaksinasi Massal
Vaksinasi massal untuk dosis II dilaksanakan di Kantor Kecamatan Rumbai Pesisir, di Jalan Sembilang Ujung, Kecamatan Rumbai. Badan Intelejen Negara (BIN) Republik Indonesia sebagai penyelenggara vaksinasi massal (23-8-2021). (PRAPTI DWI LESTARI/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Vaksinasi massal untuk dosis II dilaksanakan di Kantor Kecamatan Rumbai Pesisir, di Jalan Sembilang Ujung, Kecamatan Rumbai. Badan Intelejen Negara (BIN) Republik Indonesia sebagai penyelenggara vaksinasi massal hari ini.

Pantauan Riau Pos, Senin (23/08) ratusan masyarakat berkumpul di halaman Kantor Kecamatan Rumbai untuk mendapatkan vaksin. Kuota vaksin hari ini berjumlah kurang lebih 150. Para Nakes yang terlibat berasal dari puskesmas yang berada di sekitar lokasi vaksinasi massal.


Lebih lanjut, untuk mendukung kelancaran kegiatan vaksinasi massal ini, pengamanan berasal dari Bhabinkamtibmas, Polsek, Satpol PP, serta satgas Covid-19 Provinsi Riau. Sementara panitia lokal yang ikut membantu adalah dari masyarakat setempat.

Vaksinasi hari ini berjalan lancar dan tertib. Petugas keamanan berjaga untuk mengawasi warga yang melepas masker ataupun tidak menjaga jarak.

Camat Rumbai, Vemi Herliza, mengaku berterima kasih atas adanya vaksinasi massal yang diadakan BIN di Kantor Kecamatan Rumbai pada hari kemarin. "Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada BIN telah menaja kegiatan vaksinasi kedua ini khusus untuk penerimaan manfaat PKH yang sudah di schedule kan lebih kurang 150 orang, jadi kami berharap ini salah satu bentuk ikhtiar kita, bagaimana kita bersama-sama bersinergi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini terutama di Pekanbaru,” ujar Vemi.

Vemi mengatakan, bahwa vaksinasi II ini diperuntukkan untuk masyarakat yang sudah di data oleh PKH (Program Keluarga Harapan). "Kami kondisikan untuk tertentu, karna sudah di schedule kan dari PKH kecamatan, PKH kelurahan, tapi informasi tadi ada juga sebagian masyarakat umum, yang mungkin menggantikan yang tidak datang,” terang Vemi.

Bank BJB

Seorang warga Kelurahan Meranti Pandak, Murdiati mengaku mengikuti kegiatan vaksinasi dengan lancar. “Lancar, tidak ada kendala, cuma tadi disuruh sabar aja menunggu,” ujarnya.

Kabinda Riau BIN, Brigjen TNI Amino Setya Budi mengatakan, BIN Daerah Riau tetap bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Riau untuk pelaksanaan vaksinasi massal pelajar santri yang lokasinya berada di Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Pekanbaru. Adapun peserta vaksin berasal dari 10 Ponpes, MAN dan MTsN yang ada di Kota Pekanbaru.

Untuk door to door, BIN Daerah Riau telah mempersiapkan lokasi-lokasi vaksinasi massal dengan sasaran masyarakat menengah ke bawah di 12 kabupaten/kota Provinsi Riau.

Sistem door to door sangat efektif dilaksanakan dengan nakes mendatangi rumah warga untuk kemudian diberikan vaksin bagi seluruh anggota keluarga. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi vaksinasi masyarakat.

"Hari ini BIN Daerah Riau melaksanakan vaksinasi massal kepada 1.500 peserta vaksin yang terdiri dari santri/pelajar dan masyarakat secara door to door. Ketersediaan vaksin untuk kegiatan vaksinasi massal didukung oleh Mabes BIN dan pelaksanaannya didampingi oleh Dinas Kesehatan Provinsi. Riau," katanya.

Para nakes yang dilibatkan berasal dari Puskesmas Kecamatan yang ada di sekitar lokasi vaksinasi massal. Demikian halnya dengan pengamanan yang juga mengikutsertakan Babinsa, Babhinkamtibmas, Polsek, Satpol PP serta Satgas Covid-19 Provinsi Riau untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal ini.

BIN Daerah Riau berencana melaksanakan kegiatan vaksinasi massal ini secara rutin dan terkoordinir. Hal ini dimaksudkan agar capaian vaksinasi dapat memenuhi target Pemerintah RI untuk mewujudkan kekebalan komunal di Provinsi Riau.(ayi)



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com