Program RW Siaga Diapresiasi

Pekanbaru | Kamis, 24 Oktober 2019 - 10:49 WIB

Program RW Siaga Diapresiasi
FOTO BERSAMA: Lurah Tangkerang Labuai Joko Arif Santoso (empat kiri) didampingi Ketua LPM Tangkerang Labuai yang juga kader penggerak Kampung Berseri Astra (KBA) Indah Madani Mirshal (empat kanan), foto bersama anggota praktik kerja profesi keperawatan komunitas program profesi Ners Keperawatan STIKes Hang Tuah Pekanbaru, Rabu (23/10/2019). Pada kesempatan itu juga diserahkan piagam penghargaan sebagai wujud apresiasi atas bimbingan yang telah diberikan selama ini.(PRAPTI DWI LESTARI/RIAU POS)

KOTA (RIAUPOS.CO) -- Program RW Siaga yang telah dijalankan di beberapa RW di Kelurahan Tangkerang Labuai, mendapat dukungan dan apresiasi dari Lurah Tangkerang Labuai. Sejumlah RW di lingkungan Tangkerang Labuai ikut menjalankan program RW siaga, di antaranya RW 7,8,9, dan 10.

 


Kegiatan RW Siaga juga difasilitasi oleh Ners muda STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Sebagai praktik kerja profesi keperawatan komunitas.  Terkait hal ini, Lurah Tangkerang Labuai, Joko Arif Santoso SSTP turut memberi apresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

"Ini adalah bagian dari tupoksi kami, yaitu koordinasi dan memfasilitasi di tingkat lintas sektoral. Kami dari pihak kelurahan, tentunya mengapresiasi kegiatan ini. Karena seperti yang kita ketahui, hingga saat ini banyak warga kita yang belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan," tuturnya, Rabu (23/10).

Dikatakan Joko, RW Siaga merupakan kepanjangan tangan dari Puskesmas. Apabila ada kejadian di sekitar lingkungan terkait masalah kesehatan masyarakat, seperti demam berdarah dan lainnya. Maka, RW siaga ini akan dengan sigap melaporkan kejadian tersebut kepada Puskesmas maupu kelurahan.

Di sisi lain, salah satu anggota praktik kerja profesi keperawatan komunitas program profesi Ners Keperawatan Stikes Hang Tuah Pekanbaru, Rini Intan Pratiwi mengatakan, sebelum dibentuknya RW siaga, ia dan rekannya melakukan observasi seputar masalah kesehatan dilingkungan tersebut.

Kemudian, melakukan diskusi dengan masyarakat mengenai kegiatan apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di RW masing-masing.

"Selama 2 bulan ini lah waktu bagi kami untuk melakukan kegiatan-kegiatan kesehatan. Seperti memberikan edukasi kesehatan, penanaman toga dan sebagainya. Harapan kita untuk masyarakat yang sudah diberi eduksi, yang penting mereka tau dulu tentang informasi kesehatan yang kita berikan, kemudian ada perubahn perilaku kesehatan menuju lebih baik," jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, pihaknya juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Lurah Tangkerang Labuai Joko Arif Santoso dan Ketua LPM Tangkerang Labuai yang juga Kader Penggerak Kampung Berseri Astra (KBA) Indah Madani, Mirshal sebagai wujud terima kasih atas kerja sama dan bimbingannya selama melakukan kegiatan dilokasi tersebut.

Ketua LPM Tangkerang Labuai Mirshal mengatakan, program RW Siaga ini mengajak masyarakat selalu siaga dalam kegiatan apapun dan selalu bersinergi dengan pihak kelurahan.

"Program RW Siaga siap segala keadaan apapun. Siaga bukan berarti tentang keamanan saja. Kita bekerja sama dengan semua unsur di kelurahan. Sepert musim hujan, tugas-tugas RW siaga yang turun," ujarnya.(ayi)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com