Masyarakat Goro Antisipasi Banjir

Pekanbaru | Selasa, 24 Desember 2019 - 11:01 WIB

Masyarakat Goro Antisipasi Banjir
BERSIHKAN DRAINASE: Warga Kecamatan Tampan terlihat bergotong royong membersihkan parit sebagai antisipasi banjir saat memasuki musim hujan, Senin (23/12/2019). (Prapti Dwi Lestari/riau pos)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Memasuki musim penghujan, sejumlah masyarakat Kota Bertuah mulai melakukan pembersihan pada saluran drainase dan parit di pemukiman mereka.

Salah satu lokasi pembersihan parit dan drainase tersebut berada di Kecamatan Tampan, Senin (23/12).


Saat dikonfirmasi terkait langkah antisipasi bencana banjir di kawasannya, Camat Tampan Hj Liswarti mengatakan, pihaknya bersama warga di Kelurahan Tobek Godang, Kelurahan Tuah Madani, dan Kelurahan Sidomulyo Barat.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan surat edaran kepada warganya. Untuk secara rutin melaksanakan kegiatan gotong-royong. Minimal tiga kali dalam sebulan, guna meminimalisir adanya sumbatan sampah pada drainase dan parit yang ada di kawasan Tampan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penenaman pohon kembali di sejumlah lokasi untuk menangani permasalahan banjir di kawasan Tampan.

Tak hanya di situ saja. Kelurahan Tobek Godang Kecamatan Tampan juga dinobatkan sebagai Juara ke dua lomba kebersihan tingkat kecamatan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Sementara, Kecamatan Bukit Raya meraih juara pertama dan Kecamatan Tenayan Raya yang memperoleh juara ke tiga.

"Kemenangan ini menjadi bukti bahwa warga Kecamatan Tampan masih banyak yang peduli dan menjaga lingkungan sekitar.  

Prestasi ini harus menjadi cambukan bagi kita semua agar dapat lebih mencintai lagi lingkungan sekitar. Dan prestasi ini bukan milik Camat ataupun Lurah. Melainkan miliki masyarakat Tampan pada umumnya,"katanya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berperan aktif dalam hal permasalahan sampah yang masih banyak dijumpai di sejumlah titik di kawasan Tampan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk buanglah sampah pada tempatnya dan sesuai waktunya yaitu pukul 19.00 WIB hingga 05.00 WIB,"harapnya.(azr)

Laporan Prapti Dwi Lestari, Kota




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com