Tim Robot Laskar Hang Tuah Filkom UHTP Ikuti Kontes Robot Indonesia 2022

Pekanbaru | Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:00 WIB

Tim Robot Laskar Hang Tuah Filkom UHTP Ikuti Kontes Robot Indonesia 2022
Wakil Rektor III Universitas Hang Tuah Pekanbaru Yesica Devis SIKom MKes, Dekan Fikom dan Kaprodi SI dan TI foto bersama Tim Robot Laskar Hang Tuah, baru-baru ini. (FIKOM UHTP FOR RIAU POS)

BAGIKAN



BACA JUGA


PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Tim Robot Laskar Hang Tuah dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) mengikuti kontes Robot Indonesia 2022 wilayah. Kontes ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2022 secara daring.

Dosen pembimbing Tim Robot Laskar Hang Tuah Haris Tri Saputra SKom MKom yang didampingi Wakil Rektor III UHTP Yesica Devis S Ikom MKes dan Bambang Kurniawan AMd Skom MKom  dosen yang juga dosen pembimbing tim robot, kepada Riau Pos, Jumat (24/6) mengatakan, tim robot terdiri empat mahasiswa Fikom UHTP. Mereka adalah Rizki Arya Pradana Putra (mahasiswa Teknik Informatika), Desi Rahmawati (mahasiswa Teknik Informatika), Oktaviani (mahasiswa Sistem Informasi), Galih Luhur Pambudi (mahasiswa Sistem Informasi).


Pada kontes Robot ini, kata Haris Tri Saputra, Laskar Hang Tuah mengikuti kategori kontes Robot Tematik Indonesia. Pada pertandingan secara daring tersebut, robot dipertandingkan di arena perlombaan di mana pada perlombaan tersebut diikuti oleh 30 kampus se Indonesia pada wilayah I. "Dan untuk di Riau, Tim Robot Laskar Hang Tuah dari Filkom UHTP merupakan satu-satunya PTS yang mengikuti kategori Kontes Robot Tematik Indonesia. Kontes ini merupakan kali pertama Filkom UHTP mengikuti Kontes Robot Indonesia,"ujarnya.

Haris menceritakan tahapan Tim Laskar Hang Tuah bisa ikut kontes, pada 26 April 2022 Kemendikbud Ristek mengumumkan pembukaan penerimaan proposal untuk pendaftaran Kontes Robot Indonesia 2022. Kemudian 10 Mei 2022, tim Robot Laskar Hang Tuah mengirimkan proposal. Alhamdulillah pada 17 Mei 2022 tim Robot Laskar Hang Tuah dinyatakan lolos dan berhak mengikuti kontes Robot Indonesia 2022 tingkat wilayah kategori Kontes Robot Tematik.     

Ketua Tim Robot Laskar Hang Tuah Rizki Arya Pradana Putra menyebutkan, perangkat robot ini dibeli secara online. Perangkat datang baru kemudian dirakit. Perakitan dilakukan selama sepekan. Komponen robot terdiri  arduino uno, driver motor, baterai, motor Dc, gripper dan joystick PS2 wireless. Robot ini digerakan menggunakan joystick PS2 wireless dan memiliki tiga roda serta gripper dan meletakkan koin di arena pertandingan.(nto/c)     

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  9-Gugust.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com