HIBAH PENGABDIAN KEMENDIKBUD RISTEK

STMIK Amik Riau Kembali Terapkan TIK di Desa Rimba Makmur Kampar

Pekanbaru | Kamis, 25 November 2021 - 16:56 WIB

STMIK Amik Riau Kembali Terapkan TIK di Desa Rimba Makmur Kampar
Dosen STMIK Riau foto bersama peserta usai pelatihan Aplikasi e-Linmas, baru-baru ini. (STMIK AMIK FOR RIAU POS)

PEKANBARU  (RIAUPOS.CO) - Tahun 2021, STMIK Amik Riau kembali dipercaya melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk skim Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) oleh Kemendikbud Ristek. Tim Dosen STMIK Amik Riau bekerja sama dengan Desa Rimba Makmur. Kegiatan PPDM berupa penerapan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Desa Rimba Makmur, berada dalam Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, berjarak 75 km atau dapat ditempuh selama 1,5 jam dari Bangkinang.

Ketua PPDM STMIK Amik Riau Nurjayadi MKom yang didampingi para anggota Torkis Nasution MKom, Herwin MKom, Khusaeri Andesa MKom, Selasa (23/11) di Pekanbaru mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengembangan desa dalam bidang penerapan teknologi informasi dan komputer yang menyasar bidang e-linmas dan puskesmas. Permasalahan yang dialami linmas adalah wilayah desa sangat luas,dan kesadaran penggunaan alat teknologi sangat rendah. Bidang implementasi teknologi informasi yaitu bagaimana meningkatkan peran linmas menggunakan teknologi informasi. Permasalahan puskesmas pembantu (Pustu) adalah tata kelola dministrasi, teknologi informasi.


Bidang kemampuan administrasi ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan pelaksana Pustu dalam tata kelola administrasi. Kemudian pada bidang teknologi informasi, yaitu bagaimana mengimplementasikan teknologi informasi untuk melaksanakan tata kelola administrasi. Program PPDM ini adalah untuk terciptanya Desa Pintar (smart village), yang akan dapat dijadikan sebagai desa percontohan dalam penerapan teknologi informasi dan komputer.
Pemberdayaan Kamtibmas dalam Menjaga Keamanan
Luas wilayah desa, tidak dapat dipantu secara manual dibutuhkan perangkat TIK sebagai alat bantu dalam menjaga keamanan dan menciptakan keterbitan desa. Saat ini belum  ada teknologi yang digunakan untuk menjaga keamanan maupun upaya menangani keamanan. Satu-satunya media yang digunakan untuk melaksanakan koordinasi adalah perangkat handphone dalam bentuk komunikasi antara aparatur linmas maupun dengan masyarakat.

Kepala Linmas Desa Rimba Makmur Rimin Wiyono berterimakasih atas program PPDM antara STMIK Amik Riau dengan Desa Rimba Makmur dalam pelatihan aplikasi e-linmas berupa media koordinasi dan penyampaian sinyal dalam bentuk kentongan digital kepada masyarakat. STMIK Amik Riau telah melaksanakan pelatihan, lengkap dengan transfer teknologi pengelolaan administrasi beserta dengan perangkat. "Kami menyampaikan terimakasih kepada STMIK Amik Riau melalui program mitra desa yang telah melakukan pembinaan, pelatihan, pendampingan, dan telah melatih anggota kami untuk dapat menjalankan aplikasi dan lengkap dengan perangkatnya, pokoknya sangat membantu," jelasnya. Ia juga menyampaikan terimakasih telah diberikan perangkat komputer dan sirene, selama ini memang belum tersedia.

Pembedayaan Puskesmas Pembantu dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat
Pada saat ini sudah ada pemanfaatan TIK dalam pengelolaan administrasi Pustu khususnya dalam pengelolaan data kesehatan masyarakat, namun masih sebatas pemindahan dari buku ke komputer tetap manual. Kepala Pustu Desa Rimba Makmur Orin Hastuti Amd Keb berterima kasih atas program PPDM antara STMIK Amik Riau dengan Desa Rimba Makmur dalam pelatihan tata kelola administrasi pencatatan data kesehatan masyarakat, lengkap dengan transfer teknologi pengelolaan administrasi beserta dengan perangkat. "Terima kasih kepada STMIK Amik Riau melalui program mitra desa yang telah melakukan pembinaan, pelatihan, pendampingan, dan telah mengajari staf kami menjalankan aplikasi lengkap dengan komputernya. Terimakasi bantuan komputernya," jelasnya.(nto/c)

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  1-DESS.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com