Relawan Diterjunkan Bantu Pemadaman di Rupat

Pekanbaru | Rabu, 26 Februari 2020 - 10:37 WIB

Relawan Diterjunkan Bantu Pemadaman di Rupat
Mahasiswa beserta pihak pengamanan memadamkan kebakaran saat mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh tim RAPP di kampus Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Selasa (25/2/2020). (MHD AKHWAN/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Belasan relawan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang telah terlatih diterjunkan ke Dusun Teluk Kumbang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Mereka bakal membantu para petugas memadamkan lahan gambut yang terbakar sejak beberapa hari yang lalu. 

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla di Bumi Lancang Kuning. Langkah itu, bertujuan mengantisipasi kebakaran lahan.

"Sebelas relawan sudah diterjunkan melakukan pemadam, kami akan terus mendampingi mereka," ungkap Irjen Pol Agung dalam acara launching Pelatihan Penanganan Karhutla, Selasa (25/2) kemarin.

Para relawan itu di antaranya enam orang berasal dari Kota Pekanbaru dan sisanya dari Kota Dumai. Dikatakan jendral bintang dua, pihaknya bakal kembali memberangkatkan sejumlah relawan untuk membantu melakukan pemadaman di Pulau Rupat, Bengkalis.

Relawan yang diberangkat itu, sudah dilatih oleh instruktur yang berpengalaman. Sehingga,  para relawan mampu memperhatikan keselamatan diri, melakukan pemadam dan terampil untuk menggunakan alat. 

Saat ini, kata Kapolda Riau, terdapat sebelas titik api di Indonesia. Namun, dari jumlah itu hanya enam  titik api di Provinsi Riau yang tersebar di Rupat Selatan dan Utara serta  Meranti. "Ini sudah menjadi hari kelima dalam proses pemadaman api di sana (Pulau Rupat). Dan tentu pemadaman ini membutuhkan bantuan dari para relawan," katanya.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menambahkan, para relawan diberangkatkan menuju Pulau Rupat, Bengkalis, Senin (24/2). Mereka kata Sunarto, menginap satu hari di Dumai sebelum melanjutkan perjalanan menuju tujuan "Dengan diterjunkannya para relawan ini ke lokasi Karhutla dapat membantu proses pemadaman di sana," kata Sunarto. 

Para relawan ini, lanjut Sunarto,  merupakan angkatan ke-1 dari pelatihan dilakukan Posko Relawan Pemadaman Karhutla dengan instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, dan Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Relawan ini, bergabung dengan petugas yang sudah lebih dulu berjibaku memadamkan karhutla di Rupat.

"Relawan yang diterjunkan telah mendapatkan pelatihan yang memadai dari instruktur profesional. Materi yang menjadi bekal mereka antara lain teori tata cara dalam pemadamam api di lapangan, pengenalan alat-alat yang digunakan untuk pemadaman api, serta praktek pemadaman api simulasi di lapangan," imbuhnya. 

Tak hanya mengirimkan relawan ke lokasi Karhutla, sebanyak 250 mahasiswa dan karyawan Universitas Lancang Kuning (Unilak) juga akan mengikuti pelatihan pemadaman Karhutla. "Acara ini akan dipusatkan di Kampus Unilak, Rumbai, serta Posko Relawan Pemadam Karhutla, Purna MTQ, Pekanbaru," sebut Narto.(rir) 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com