PELANTIKAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PELALAWAN TERPILIH

Undangan Dibatasi, Bisa Disaksikan secara Virtual

Pekanbaru | Senin, 26 April 2021 - 10:20 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dijadwalkan melantik Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Zukri Misran dan H Nazaruddin, hari ini (26/4) sekitar pukul 09.00 WIB. Pelantikan akan dilaksanakan di Balai Pelangi Komplek Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman mengatakan, pelantikan itu bisa dilaksanakan setelah pihaknya mendapatkan SK dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


"Pelantikan dijadwalkan pada Senin pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Pak Gubernur yang akan melantik sama seperti pelantikan kepala daerah terpilih sebelumnya,"katanya.

Pada pelantikan tersebut, nantinya juga para tamu undangan akan dibatasi. Pasalnya saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga harus menerapkan protokol kesehatan.

"Undangan untuk pelantikan dibatasi, hanya keluarga inti serta Forkopimda Pelalawan saja. Ini karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19,"ujarnya.

Meskipun begitu, lanjut Sudarman, saat pelantikan juga akan disiarkan langsung sehingga masih bisa masyarakat menyaksikan di Pelalawan. Hal ini juga dilakukan pada pelantikan kepala daerah sebelumnya.

"Jadi pelantikan menggunakan sistem hybrid, selain dilakukan secara langsung juga disiarkan melalui live streaming. Masyarakat yang tidak datang masih bisa menyaksikan prosesi pelantikan. Live streaming bisa disaksikan melalui YouTube Diskominfotik Provinsi Riau,"sebutnya.

Sementara itu, saat ditanya untuk pelantikan kepala daerah lainnya, Sudarman mengatakan untuk Kabupaten Rokan Hulu dan Indragiri Hulu masih menunggu proses. Pasalnya saat ini baru saja selesai pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU).

Buka Dua Titik Lokasi

Meski pelantikan tidak dilaksanakan di daerah, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan akan melaksanakan sejumlah kegiatan untuk menyambut kemeriahan kegiatan puncak pesta demokrasi tersebut. Hal ini disampaikan Kepala Diskominfo Pelalawan Hendri Gunawan MSi kepada Riau Pos, Ahad (24/4) malam. Dikatakan Hendri, pihaknya telah menyiapkan dua titik lokasi untuk masyarakat Negeri Seiya Sekata ini menyaksikan pelantikan bupati dan wakil bupati Pelalawan terpilih.

"Ya, kami siapkan dua tempat untuk masyarakat menonton dan menyaksikan acara pelantikan bupati dan wakil bupati Pelalawan terpilih. Namun demikian, kami tentunya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi warga yang ingin melihat acara pelantikan yang kita siarkan di dua tersebut,"terangnya.

Diungkapkan mantan Kabag Umum Sekretariat DPRD Pelalawan ini bahwa, adapun kedua tempat nonton bareng tersebut yakni di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja Pangkalankerinci. Di lokasi ini, masyarakat umum boleh masuk dan menonton pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan yang telah disiapkan pihaknya. Yakni video layar lebar (hybrid).

"Kemudian, kami juga menyiapkan tempat ruang Auditorium lantai III Kantor Bupati Pelalawan. Dan lokasi ini nantinya, akan dimanfaatkan bagi para Kepala OPD yang tidak bisa hadir langsung menyaksikan acara pelantikan tersebut,"paparnya seraya menyebutkan acara pelantikan akan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB.

Dijelaskan Hendri, usai pelaksanaan pelantikan, bupati dan wakil bupati Pelalawan terpilih dijadwalkan akan menghadiri pelaksanaan paripurna di Gedung DPRD Pelalawan sekitar pukul 15.30 WIB. Dan acara paripurna ini, kembali akan ditayangkan melalui dua lokasi yang telah disiapkan Diskominfo Pelalawan (Gedung Daerah dan Kantor Bupati. Dan siaran ini juga akan ditayangkan secara live steraming melalui media sosial (Medsos) youtube, fafebook dan juga Radio Bono Fm.

"Dan setelah acara paripurna, bapak H Zukri dan H Nasarudin akan menuju ke kediaman dinas masing-masing. Kemudian pada Selasa (27/4), kedua putra terbaik daerah ini akan masuk kantor untuk melaksanakan tugas perdananya sebagai bupati dan wakil bupati Pelalawan,"ujarnya.

Ditambahkan Kepala Diskominfo Pelalawan ini bahwa, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih akan membagikan ribuan paket makanan berbuka puasa (nasi kotak dan minuman) di sejumlah masjid di Kecamatan Pangkalankerinci. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk ucapan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memberikan amanah kepada mereka memimpin Pelalawan, meski tidak dapat bertemu secara langsung.

"Dan terakhir, bupati dan juga wakil bupati Pelalawan terpilih juga akan melaksanakan buka bersama keluarga, kerabat dekat dan juga para tim sukses di rumah dinas masing-masing. Untuk itu, kita berharap pelaksanaan ini dapat berjalan lancar. Sehingga harapan masyarakat di kepimpinan Zukri-Nasar ini, Pelalawan menjadi lebih baik lagi ke depannya,"ujar Hendri.(sol/amn)
 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com