Antisipasi TPS Ilegal Baru, Warga Gotong Royong Bersihkan Lahan Tidur

Pekanbaru | Senin, 27 Januari 2020 - 11:14 WIB

Antisipasi TPS Ilegal Baru, Warga  Gotong Royong Bersihkan Lahan Tidur
Tanam Bunga: Sekretaris DLHK Fiora Helmi SSTP MEc Dev (tengah) Kader Pengerak Kampung Berseri Astra Mirshal serta Ketua RW05 dan RT menanam bungga di lahan kosong yang sering dimanfaatkan tempat membuang sampah di Jalan Bahagia Kelurahan Tangkerang Labuai, Pekanbaru, Ahad (26/1/2020) (PRAPTI DWI LESTARI/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Guna mengantisipasi sejumlah lahan tidur di Kota Bertuah menjadi lahan tempat pembuangan sementara  (TPS) sampah ilegal baru, Ahad (26/1) warga RT01 RW05 Jalan Bahagia Kelurahan Tangkerang Labuai, bersama Sekrtaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru melakukan gotong royong.

Dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul, sabit, dan lainnya. Puluhan warga membersihkan rumput liar, dan mengumpulkan sejumlah botol bekas dari eks TPS ilegar di permukiman tersebut.


Tak hanya itu, sejumlah warga juga melakukan penanaman pohon serta bunga di area tanah kosong yang nantinya akan dijadikan sarana olehraga warga sekitar.

Menurut Ketua RW05 Arditia Warman mengatakan, kegiatan gotong royong ini sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan lahan tidur yang terdapat di Jalan Bahagia yang sering dijadikan sebagai tps ilegal oleh oknum warga.

Apalagi keberadaan lahan tidur ini yang telat dipersimpangan jalan dengan sejumlah jalan tembusan, menjadikannya lokasi yang sering digunakan oleh pengguna jalan untuk sebagai tempat sampah.

"Lahan ini kita bersihkan terlebih dahulu sebelum nantinya kita ubah menjadi sarana olahraga warga sekitar. Kita juga akan membuat lubang biopori serta menanam sebanyak 20 pohon pelindung berserta bunga untuk membuat kawasan ini kembali asri lagi,"ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Tangkerang Labuai yang juga sebagai Kader Penggerak Kampung Berseri Astra Indah Madani,Mirshal yang ikut melakukan gotong royong mengatakan, saat ini merupakan era keterbukaan, pihaknya mengapresiasi langkah DLHK Kota Pekanbaru yang mau turun dan membantu masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

"Saya sebagai kader penggerak Kampung Berseri Astra dengan lingkungannya, sangat terima kasih kepada DLHK yang ikut membantu warga untuk menjaga lingkungan, dan juga berterimakasih kepada warga RW05 yang ikut menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon pelindung di tanah kosong ini," katanya.

Sementara itu, Sekretaris DLHK Pekanbaru Fiora Helmi mengatakan, pihaknya sengaja hadir di kawasan tersebut selain sebagai undangan dari masyarakat, juga untuk menyatukan misi dalam hal menjaga lingkungan.

"Kalau kita bicara soal lingkungan sudah pasti alat ukurnya adalah penilain Adipura, di mana menciptakan lingkungan yang bersih tak hanya tugas kami, tetapi juga masyarakat," ujarnya.(ayi)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com