BAZNAS GANDENG RIAU POS UNTUK SOSIALISASI

Target Kumpulkan Zakat Rp20 Miliar

Pekanbaru | Kamis, 27 Februari 2020 - 09:05 WIB

Target Kumpulkan Zakat Rp20 Miliar
FOTO BERSAMA: Direktur Operasional Riau Pos M Nazir Fahmi (tiga kiri), Ketua Baznas Riau Azwar Aziz SH MSi (dua kiri) foto bersama pegawai Baznas saat berkunjung ke Redaksi Riau Pos, Rabu (26/2/2020).(DOFI ISKANDAR/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau tahun 2020 menargetkan pengumpulan zakat sebesar Rp20 miliar. Hal tersebut di ungkapkan Ketua Baznas Riau Dr H Azwar Aziz SH MSi saat menggelar pertemuan (audensi) dengan Direktur Operasional Riau Pos M Nazir Fahmi, di ruang Redaksi Riau Pos lantai 3 Graha Pena Riau, Rabu (26/2).

Azwar mengatakan, target Rp 20 miliar tentu harus ada dukungan dan bantuan semua pihak, terutama Riau Pos. Ini agar target Baznas dalam mengumpulkan zakat bisa tercapai. Di mana, Baznas adalah lembaga non-struktural yang membuka kesempatan umat Islam untuk menghimpun dana zakat sesuai dengan rukun Islam, dalam menuntaskan kemiskinan di Riau.

"Alhamdulilah Baznas sudah berjalan. Untuk Riau dari tahun ke tahun jumlah penghimpunan zakat semakin tinggi. Ini menunjukkan bahwa kesdaran orang menyalurkan zakat ke Baznas ini semakin baik. Tahun 2019 lalu kami berhasil menghimpun dana zakat Rp12,6 miliar dan untuk tahun 2020 kita targetkan Rp20 miliar," ujar Azwar Aziz.

Peningkatan dalam membayarkan zakat ke Baznas kebanyakan dari ASN Pemprov Riau. Karena Gubernur Riau, Drs H Syamsuar sangat peduli. Tetapi potensi tersebut belum penuh dan diharapkan kepada Gubernur  Riau tahun depan ini ASN tidak hanya gaji pokoknya yang dibayarkan zakatnya. Tetapi juga single salary ASN juga dibayarkan zakatnya. Kalau itu bisa dihimpun mungkin bisa mencapai target Rp20 miliar.

"Di luar ASN juga kami perlu lakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan dan perorangan.  Makanya kami perlu kerja sama dengan Riau Pos untuk mensosialisasikan kepada masyarakat apa itu Baznas. Dan cara-cara penyaluran zakat ke Baznas," kata Azwar.

Ditahun 2020 ini, Baznas Riau mempunyai  program besar, yang akan dilakukan. Pertama, rumah singgah. Kedua, merangcang membuat zakat mart. Pemodalnya diambil dari orang-orang miskin, mungkin seratus atau dua ratus orang yang menjadi pemegang sahamnya dari uang zakat. Dan hasilnya setiap tahun akan dibagikan kepada orang miskin.  

"Insya Allah untuk target Rp20 miliar  tahun ini bisa tercapai. Banyak yang kami kejar, seperti bebe-rapa instansi pemerintah lainnya agar pegawainya bisa berzakat. Seperti yang dilakukan oleh ASN Pemprov Riau. Kalau itu bisa dilakukan dan ditambah dengan perusahaan-perusahan maka target Rp20 bisa tercapai," terangnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Riau Pos M Nazir Fahmi mengatakan, akan membantu Baznas Riau dalam upaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik itu dengan cara pemberitaan di Riau Pos maupun dalam setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Riau Pos.

"Insya Allah kami akan mendukung Baznas dalam melakukan sosialisasinya untuk mengajak orang agar bisa berzakat melalui Baznas. Dan Baznas bisa tersosialisasi dengan baik di Riau," harapnya.(ksm)


Laporan: DOFI ISKANDAR




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com