Karhutla Mulai Muncul di Riau

Pekanbaru | Selasa, 27 Juli 2021 - 09:32 WIB

Karhutla Mulai Muncul di Riau
(ILUSTRASI/INTERNET)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai memberikan ancaman buat warga Riau. Senin (26/7), sebanyak sembilan titik panas terpantau berada di sejumlah daerah di Provinsi Riau. Dari data yang dimilikioleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, titik panas tak hanya terdeteksi di Provinsi Riau, melainkan 52 titik dari beberapa di Pulau Sumatera.

Prakirawan BMKG Pekanbaru Anggun R mengatakan, titik panas di Pulau Sumatera tersebar di Lampung sebanyak 16 titik, Sumatera Selatan 15 titik, Riau 9 titik, Sumatera Utara 5 titik, Jambi  ada 4 titik, Sumatera Barat ada 2 titik, dan Bengkulu hanya 1 titik api. "Kalau di Riau tersebar di Bengkalis 3, Rokan Hilir 2, Pelalawan  1, Rokan Hulu  1, Indragiri Hilir 1, dan Indragiri Hulu 1 titik api," jelasnya.


Semetara itu untuk prakiraan cuaca, mulai pagi hari cerah berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar.

Sementara untuk malam hari masih diperkirakan cerah berawan.  Berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten  Kampar, Rokan Hulu dan Indragiri Hilir. Sedangkan, dini hari cerah berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, dan Rokan Hilir.

Sementara itu, Tim Satgas Karhutla Provinsi Riau menduga kebakaran yang terjadi di Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dilakukan dengan sengaja. Pasalnya, di sekitar lokasi terdapat aktivitas pembukaan lahan.

"Saya kira kebakaran di taman nasional itu karena ada aktivitas. Kan tak mungkin juga hutan terbakar begitu saja, pasti ada aktivitas membuka lahan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal .

Bank BJB

Kebakaran di TNBT ini  mulai terjadi pada 24 Juli lalu. Namun saat ini api sudah berhasil dipadamkan tim satgas darat dan udara.(ayi/sol/kas)

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Erwin - Pemkab Meranti

TERBARU



ASR MEMBER- FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com