Gerakan Literasi di Kampung KB

Pekanbaru | Jumat, 27 Desember 2019 - 11:06 WIB

Gerakan Literasi di Kampung KB
MEMBACA: Para orang tua terlihat mendampingi anaknya membaca di luar ruangan dengan menggunakan buku literasi yang dimiliki Pustaka Berkah Ilmu, Kamis (26/12/2019). (PRAPTI DWI LESTARI/RIAU POS)

KOTA (RIAUPOS.CO) -- Gerakan literasi tidak hanya dilakukan untuk kaum milenial semata. Namun, dapat dilakukan untuk semua kalangan.


Hal ini yang membuat Kampung KB Berkah Bersama yang terdapat di Jalan Tengku Bay ujung Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya, membuat Pustaka Berkah Ilmu untuk meningkatkan minat baca warga sekitar, Kamis (26/12).

Menurut Ketua Pustakaan Berkah Ilmu, Suwarningsih yang didampingi oleh Pembina Kampung KB Berkah Bersama Sri Rezeki Si Kom, keberadaan pustaka tersebut sudah lama dimiliki oleh kampung Kb, namun selama ini pihaknya hanya memiliki beberapa buku dan hanya diutamakan untuk anggota saja.

Selain itu, pihaknya juga mengajak para anak-anak sekitar untuk membaca di luar ruangan, dan berteman dengan alam, sehingga kecintaan terhadap buku bacaan dapat terus meningkat.

Bukan itu saja, saat ini pihaknya juga telah melakukan koordinasi bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipkan Kota Pekanbaru, dan Disdakduk KB Pekanbaru, BKKBN Provinsi Riau untuk mengembangkan literasi diseluruh kalangan di Kelurahan Air Dingin tersebut.

"Kalau biasanya kita membaca didalam ruangan di pustaka kita ini mengajak masyarakat untuk membaca dilapangan terbuka. Bahkan saat ini kita juga telah memiliki sebanyak 300 buku dengan berbagai macam variasi, seperti buku ilmu pengetahuan, cerita anak dan lain-lainnya. Tujuan kita," ucapnya.

Apalagi, Perpustakaan Kampung KB tersebut merupakn rencana kerja masyarakat pengurus Pokja tahun 2019 yang telah masuk dalam 8 fungsi keluarga  di antaranya, Fungsi Agam dimana keluarga menjadi tempat dimana nilai agama diberikan, diajarkan, dan dipraktikkan, fungsi Kasih Sayang, fungsi Perlindungan, fungsi Sosial Budaya, fungsi Reproduksi, fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, fungsi Ekonomi, dan fungsi Pembinaan Lingkungan. "Kami berharap dengan adanya pustaka ini dapat semakin meningkatkan literasi dan minat baca seluruh masyarakat," harapnya.(ayi)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-05-ok.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com