HOAKS

Pria Pingsan Tak Makan Dua Hari Dikira Kena Virus Corona

Pekanbaru | Minggu, 29 Maret 2020 - 14:51 WIB

Pria Pingsan Tak Makan Dua Hari Dikira Kena Virus Corona
Seorang pria tergeletak pingsan di Jalan Soekarno-Hatta menjadi tontonan warga, Ahad (29/3/2020). Warga mengira terkena virus corona, padahal pria tersebut pingsan karena tidak makan selama dua hari. (Facebook)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Banyak masyarakat yang menelan bulat-bulat informasi yang tersebar di media sosial seperti Facebook, bahkan tak jarang menganggap sebagai sebuah fakta. Apalagi informasi tersebut dibarengi dengan bukti gambar atau video sesuatu, khususnya terkait Covid-19 sekarang ini.

Salah satunya beredar informasi di Facebook melalui akun dengan nama inisial AM, warga Pekanbaru. Menginformasikan ada seorang pria yang tergeletak pingsan di depan Jalan Soekarno Hatta atau tepatnya di depan rumah makan Surya Grup, postingan tersebut diunggah Ahad (29/03/2020) Sekitar pukul 12.00 WIB.


Berikut isi postingan akun dimaksud, “Covid-19 sudah menghantui manusia di bumi, barusan terjadi di Jalan Soekarno Hatta/ Arengka di depan rumah makan Surya Grup. Laki-laki kurang lebih berusia 30an tahun lagi jalan tiba-tiba jatuh sendiri dan tak sadarkan diri. Warga sekitar tidak berani menolong, bahkan saya sendiri juga nggah berani nyentuh karena info Covid-19, kalau ada yg jatuh tiba-tiba janhan di sentuh, kalau kita nggak tahu penanganan nya.“ tulis dinding Facebook yang bersangkutan.

Pantauan Riau Pos dari postingan tersebut, seorang pria berpakaian kemeja dengan topi dan membawa dua buah tas tergeletak di tengah jalan. Postingan tersebut telah di-share atau dibagikan sebanyak 135 kali di media sosial Facebook.

Menanggapi hal ini, Kapolsek Tampan AKP Juper Lumban Toruan menjelaskan, informasi tersebut adalah hoaks. “Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB Ahad pagi. Menurut saksi di sekitar, yang bersangkutan dari Payakumbuh mencari kerja ke Pekanbaru dan setelah dua hari tidak dapat kerja dan kelaparan sehingga pingsan di TKP,” ungkap Juper saat dikonfirmasi.

Selanjutnya pria tersebut diberi makan oleh warga dan dinaikkan mobil travel untuk diminta pulang kembali ke kampung halaman. 

 

Laporan: Bayu Saputra (Pekanbaru)

Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com