Melihat Penerapan Salat Berjamaah di Masjid saat New Normal

Pekanbaru | Jumat, 29 Mei 2020 - 13:44 WIB

Melihat Penerapan Salat Berjamaah di Masjid saat New Normal
Petugas Masjid Al Fida Pekanbaru di Jalan Ahmad Dahlan saat mengecek suhu jamaah yang hendak melakukan salat Jumat, (29/5/2020).(*1/EGP/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sejumlah masjid di Kota Pekanbaru mulai melaksanakan ibadah berjamaah lagi, sejak ditetapkan kebijakan New Normal oleh pemerintah pusat. Sebelumnya, seluruh masjid yang ada di Kota Pekanbaru sempat ditutup dan hanya dibolehkan mengumandangkan azan, namun tidak memperbolehkan jamaah salaylt di masjid lantaran pandemi Covid-19.

Hari ini Jumat (29/5/2020), hampir seluruh masjid yang ada di Kota Pekanbaru sudah mulai melaksanakan kegiatan ibadah. Mulai yang di kawasan perkotaan hingga yang berada di pinggiran. Di Masjid Al Fida Pekanbaru misalnya, di hari pertama salat Jumat sejak Maret silam, ratusan jamaah memadati masjid yang berada di kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru tersebut.


Petugas masjid memperkenankan salat di masjid, namun dengan syarat harus melakukan sejumlah rangkaian tes, seperti cek suhu badan dan juga wajib masker.

"Wajib diperiksa dulu suhunya, dan memakai masker," kata seorang petugas cek suhu di pintu masjid.

Selain itu, para jamaah yang di perkenankan salat mesti membawa sajadah dari rumah. Pengurus masjid tidak menggelar karpet sajadah untuk menghindari adanya paparan virus Corona tersebut.

Abizar, salah satu jamaah masjid itu menyambut baik kebijakan pemerintah yang telah memberi kelonggaran terhadap masjid dan rumah ibadah lain untuk beroperasi.

"Alhamdulillah, nikmat yang patut disyukuri. Di tengah pandemi ini, kita bersyukur bisa berkumpul di masjid kembali, semoga wabah segera berlalu," tuturnya, kepada RIAUPOS.CO.

Selain dia, Ahmad, warga Pekanbaru ini juga mengucap syukur yang serupa. Mereka mengajak umat muslim untuk senantiasa berdoa agar wabah virus Corona dapat segera berlalu.

Laporan: *1/egp (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com