Saf Salat Berjamaah di Masjid Al Falah Jalan Sumatera Tetap Berjarak

Pekanbaru | Jumat, 29 Mei 2020 - 15:06 WIB

Saf Salat Berjamaah di Masjid Al Falah Jalan Sumatera Tetap Berjarak
Suasana salat berjamaah umat islam yang ingin menunaikan salat jumat di Masjid Al-Falah, Jalan Sumatera, Pekanbaru, Jum’at (29/5/2020).(RIRI RADAM/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Setelah hampir beberapa bulan tutup, akhirnya sejumlah masjid di Kota Bertuah kembali dibuka dan menggelar salat jumat berjamaah. Salah satunya Masjid Al-Falah Jalan Sumatra, Kelurahan Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota. Namun disini, tetap jaga jarak, dimana saf dilonggarkan.

Kembali beraktifitasnya rumah ibadah seiring Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakhir pada, Kamis (28/5/2020) lalu. Hal ini, lantaran telah diberlakukan new normal dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19

Di Masjid Al-Falah sendiri terlihat dipenuhi ratusan jamaah yang hendak menunaikan rukan islam. Tak hanya itu saja, tiap-tiap jamaah yang akan memasuki lingkungan masjid dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas keamanan di pintu gerbang. 


Salah seorang pengurus Masjid Al-Falah, Ali Hasim mengatakan, pihaknya kembali membuka dan memulai aktifitas ibadah di masjid pascaditutup sejak beberapa bulan yang lalu. 

"Hari ini, kami kembali memulai aktivitas ibadah di Masjid Al-Falah dengan melaksanakan salat jum'at berjamaah," ungkap Ali Hasim. 

Kendati aktivitas ibadah di Masjid Al-Falah dibuka, disampaikan Ali, pihaknya tetap menerapkan prokotol kesehatan. Di antaranya melakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah serta memberlakuan physical distancing. Di mana, tiap jamaah yang akan menunaikan ibadah di atur jaraknya sekitar 1 meter. 

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk memutus penyebaran Covid-19," imbuhnya. 

Sementara salah seorang warga, Ilham mengaku, sangat senang masjid kembali dibuka untuk aktivitas beribadah. Sehingga, dirinya dapat kembali menunaikan salat secara berjamaah. 

“Alhamdulillah masjid kembali dibuka, ditutup sejak beberapa bulan lalu. Karena selama ditutup, saya tidak bisa salat jumat di masjid dan menggantinya dengan salat zuhur di rumah," kata Ilham sembari meninggalkan Masjid Al-Falah.

Laporan: Riri Radam (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com