260 ORANG TES SWAB DI PASAR SUKARAMAI

Rapid Test Massal, Semua Non-Reaktif

Pekanbaru | Senin, 29 Juni 2020 - 12:02 WIB

Rapid Test Massal, Semua Non-Reaktif
Pelaksanaan tes swab massal di Pasar Sukaramai, Jumat (26/6/2020). Pemerintah melakukan antisipasi gelombang kedua penularan Covid-19 dengan sejumlah strategi. Di antaranya memperkuat fasilitas kesehatan dan tenaga medis, serta makin gencar melakukan rapid test dan tes swab massal untuk memutus rantai penularan dari orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. (EVAN GUNANZAR/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Total sekitar 160 orang mengikuti rapid test massal di Pasar Sukaramai, Jumat (26/6) lalu. Hasilnya, seluruhnya non-reaktif. Di tempat yang sama terha­dap 260 orang juga dilakukan swab test yang hasilnya baru akan diketahui sekitar dua hari lagi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru Drs HM Noer MBS SH MSi MH melalui Sekretaris dr Zaini Rizaldy, Ahad (28/6). "Ada 160 orang yang ikut (rapid test, red). Semuanya nonreaktif," kata dia.


Sementara itu, untuk warga yang mengikuti tes swab ada sebanyak 260 orang. Namun, masih menunggu hasil dari pemeriksaan di laboratorium biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. Hasil swab baru dapat diketahui 3-4 hari setelah sampel cairan saluran pernapasan diambil dari orang yang mengikuti tes.

"Hasilnya (tes swab, red) belum keluar. Mungkin satu atau dua hari lagi bisa kita dapatkan hasilnya. Kalau tidak Senin atau Selasa lah," urainya.

Mereka yang mengikuti rapid dan swab test massal kemarin merupakan orang dalam pemantauan (ODP) yang tercatat di tim gugus tugas Covid-19 Pekanbaru.  Selain itu, tes juga diikuti pengunjung pasar dan pedagang Pasar Sukaramai atau Pasar Agus Salim tersebut.

Pihaknya berencana akan kembali melakukan swab masal di lokasi sebaran kasus positif Covid-19 yang cukup tinggi. Dikatakannya, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pemprov Riau untuk kembali melakukan tes swab masal di Pasar Rumbai. "Karena Kecamatan Rumbai memiliki penyebaran kasus positif yang cukup tinggi beberapa hari terakhir," urainya.

Guna menjaring orang tanpa gejala (OTG) Covid-19, maka untuk rapid test dan swab massal direncanakan akan digelar dalam waktu dekat. Karena pasar sendiri merupakan tempat yang rawan terjadinya penyebaran Covid-19. Di tempat itu banyak masyarakat yang saling berinteraksi dan berkontak langsung.

"Kami masih berkoordinasi dengan provinsi. Karena ketersediaan alat (swab, red) yang belum ada," singkatnya.(yls)

Laporan: M ALI NURMAN (Pekanbaru)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com