WABAH VIRUS CORONA

Satu PDP di Pelalawan Kembali Meninggal Dunia

Pelalawan | Selasa, 02 Juni 2020 - 13:37 WIB

Satu PDP di Pelalawan Kembali Meninggal Dunia
H Asril SKM MKes

PANGKALANKERINCI (RIAUPOS.CO) - Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Pelalawan yang meninggal dunia kembali bertambah. PDP berjenis kelamin laki-laki berusia 52 tahun yang diketahui berinisial SU itu, memiliki riwayat penyakit penyerta yaitu sesak nafas, meski tidak memiliki riwayat bepergian keluar daerah.

Warga Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan itu, menghembuskan nafas terakhir setelah satu hari menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RS Ibnu Sina Pekanbaru, Senin (1/6/2020) sore.

" Ya, satu PDP asal Pelalawan berinisial SU meninggal dunia saat di rawat di RS Ibnu Sina Pekanbaru. Dan dengan bertambahnya PDP tersebut, maka saat ini tercatat sebanyak 9 PDP di Negeri Seiya Sekata ini yang telah meninggal dunia," terang Juru bicara percepatan penanganan Corona virus desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pelalawan H Asril SKM MKes kepada Riaupos.co, Selasa (2/6/2020).


Diungkapkan Kepala Dinas kesehatan Pelalawan ini, meninggalnya PDP tersebut berawal saat SU masuk ke ruang isolasi Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru setelah dirujuk petugas medis puskesmas Kecamatan Pelalawan, Ahad (31/5) siang lalu.

Di mana dirinya mengalami penyakit sesak nafas, sehingga langsung ditetapkan sebagai PDP Covid-19. Namun, setelah satu hari mendapat perawatan dari tim medis, kondisi  kesehatan petani kebun kelapa sawit itu mulai menurun, sehingga nyawanya tak tertolong dan menghembuskan nafas terakhir, Senin (1/6/2020) sore lalu sekitar pukul 17.40 WIB. 

"Dan jenazah SU telah dikebumikan di TPU Kecamatan Pelalawan sesuai dengan protokol Covid-19," ujarnya.

Ditambahkan mantan Kabid P2PL Dinas Kesehatan Pelalawan ini bahwa, tim medis RS Ibnu Sina telah mengambil sampel cairan hidung dan mulut untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium terkait indikasi Covid-19. Sedangkan pihaknya masih menunggi hasil pemeriksaan swab tersebut yang akan keluar beberapa hari kemudian untuk memastikan PDP itu terpapar Corona atau tidak. Artinya, belum bisa dipastikan apakah pasien itu positif atau negatif Virus Corona (Covid-19) sebelum hasil swab keluar.

Berdasarkan data yang dirangkum Dinas Kesehatan Pelalawan, tercatat sebanyak 2.992 kasus Covid-19 di Kabupaten Pelalawan pada Selasa (2/6/2020). Rinciannya yakni 2.909 orang dalam pemantauan. Kemudian jumlah PDP sebanyak 75 yang 6 orang diantaranya masih di rawat di rumah sakit, 60 PDP sehat dan 9 PDP meninggal dunia.

Sedangkan jumlah pasien positif sebanyak 8 orang yang 6 dintaranya telah sembuh. Sedangkan dua pasien positif lainnya yakni MRF dam AT, masih dirawat di RSUD Selasih dan RS Eka Hospital Pekanbaru.

 

Laporan: M Amin (Pangkalankerinci)

Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com