BERDAYAKAN PETANI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Pertamina EP Lirik Field Berikan Pelatihan Reaktor Cacing

Pelalawan | Jumat, 05 Juni 2020 - 23:25 WIB

Pertamina EP Lirik Field Berikan Pelatihan Reaktor Cacing
Tim Pertamina EP Asset 1 Lirik Field (PEP Lirik Field) memberikan pelatihan reaktor cacing kepada para kelompok tani berkat usaha Kelurahan Ukui, Kecamatan Ukui, Jumat (5/6/2020). (MUHAMMAD AMIN AMRAN)

PELALAWAN (RIAUPOS.CO) -- Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) memberikan dampak negatif di berbagai lini ekonomi masyarakat, tidak terkecuali sektor pertanian. Namun demikian, kondisi itu tidak menyurutkan semangat kelompok tani Berkat Usaha di Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan untuk tetap berkarya dan berinovasi.

Kelompok Tani Berkat Usaha ini merupakan mitra binaan Pertamina EP Asset 1 Lirik Field (PEP Lirik Field). Melalui reaktor cacing, kelompok tani Berkat Usaha tersebut mampu menjalankan inovasi bidang pertanian guna membudidayakan cacing dengan teknik vertikultur. Reaktor cacing yang dihasilkan Kelompok Tani Berkat Usaha pada prinsipnya merupakan strategi efisiensi yang diterapkan dalam dunia pertanian.


Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Berkat Usaha Ramin Sunarto kepada Riaupos.co saat ditemui dikediamannya, Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui, Jumat (5/6/2020).

Dikatakannya bahwa, para kelompok tani memberikan apresiasi dan sangat bersyukur atas perhatian dan bantuan dari PEP Lirik Field. Pasalnya kelompok Tani Berkat Usaha merupakan kelompok pertama yang mendapatkan pelatihan dan pembinaan mengenai reaktor cacing pada 2019. Di mana dampak dari pandemi Covid-19 ini, menyebabkan mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pupuk untuk pertanian dan pakan ternak berupa cacing, akibat melemahnya perekonomian mereka.

"Tapi Ahamdulillah, berkat adanya bantuan dan pelatihan dari PEP Lirik Field, maka saat ini kelompok kami mendapatkan solusi dalam memenuhi kebutuhan pupuk dan pakan ternak. Bahkan, dalam waktu dekat kami juga akan mengembangkan budidaya ayam kampung bantuan dari CSR PEP Lirik," terangnya.

Diungkapkan Ramin, dengan menerapkan teknik vertikultur pada reaktor cacing, petani akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus seperti produk cacing yang berkualitas, pupuk vermi kompos serta kemudahan dan murah dalam perawatan.

Di tempat yang sama, Lirik Field Manager Kurniawan Triyo didampingi Lirik Legal & Relation Assistant Manager Turjasari mengungkapkan, PEP Lirik Field sebagai salah satu KKKS di Provinsi Riau mengaku bangga dan terus berkomitmen dalam melaksanakan pengembangan masyarakat di wilayah sekitar operasi.

"Kami turut berterima kasih atas komitmen kelompok dan dukungan stakeholder di Kecamatan Ukui, sehingga program tersebut dapat berjalan. Semoga kelompok Tani Berkat Usaha dapat menjadi contoh di Kecamatan Ukui sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat unggulan," ujarnya.

Lirik Legal & Relation Assistant Manager Turjasari menambahkan, selain memberikan pelatihan, dukungan nyata PEP Lirik Field diimplementasikan melalui penyerahan bantuan perlengkapan budidaya ayam kampung dan replikasi program reaktor cacing ke Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. Dengan adanya replikasi program tersebut, diharapkan penerima manfaat program CSR dari Pertamina EP ini dapat terus berkembang.

Laporan: Muhammad Amin Amran
Editor: Rinaldi

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-14.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com