WABAH CORONA

Bertambah Satu, Total Pasien Positif di Pelalawan Menjadi 8 Orang

Pelalawan | Kamis, 14 Mei 2020 - 22:28 WIB

Bertambah Satu, Total Pasien Positif di Pelalawan Menjadi 8 Orang

PANGKALANKERINCI (RIAUPOS.CO) - Meski Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) berupaya menekan laju penyebaran virus corona dengan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), namun jumlah kasus tersebut terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Ini terbukti kembali meningkatknya temuan kasus virus mematikan tersebut pada Kamis (14/5) sebanyak 2.471 dari sebelumnya 2.423 kasus. Bahkan dari jumlah tersebut, kasus pasien positif kembali bertambah satu orang, sehingga totalnya berjumlah sebanyak 8 pesien terkonfirmasi Covid-19. 


Demikian ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pelalawan HM Harris melalui Juru Bicara H Asril SKM MKes kepada Riaupos.co, Kamis (14/5/2020).   Diungkapkannya, pasien positif ke-8 di Pelalawan berinisial MRF ini, merupakan hasil tracing kontak santri kluster Pondok Pesantren Al Fatah Magetan Tamboro, Jawa Timur. Warga kecamatan Bandar Petalangan itu sebelumnya telah menjalani rapid test yang menunjukkan reaktif, sehingga dilakukan swab dan hasilnya positif. 
MRFT merupakan bagian dari 41 pegembangan klaster Pondok Pesantren Al Fatah Tamboro Magetan. 

 "MRFT ini sebelumnya kita lakukan rapid test dan menunjukkan reaktif, sehingga langsung kita tetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan diambil sampel cairan hidung dan tenggorokannya pada Sabtu (9/5/2020) lalu dan ternyata hasilnya positif pada Kamis (14/5)/2020) ini. Dan saat ini, MRFT masih menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Selasih Pangkalan Kerinci bersama dua rekannya yang telah ditetapkan sebagai pasien positif corona ke-5 dan 6 pada tanggal 9 Mei lalu, yakni AMH (17) dan RAH (13)," terangnya.

Selain MRFT, sambung Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini, pada Rabu (13/5/2020) lalu, pasien positif juga bertambah satu orang yakni klaster mahasiswa yang dipulangkan dari Arab Saudi berinisial AT (23) pada tanggal 7 April lalu. AT merupakan gelombang pertama pemulangan mahasiswa dari Arab Saudi sebanyak 42 orang.

Warga Kecamatan Pangkalan Kerinci yang menjadi pasien positif ke-7 ini, langsung menjalani karantina di PPSCM di Jalan Ronggo Warsito Kota Pekanbaru bersama rekan mahasiswa lainnya, setelah sebelumnya diambil sampel swabnya dan hasilnya positif. 

"Jadi, saat ini ada sebanyak 8 warga Pelalawan yang dinyatakan positif Covid-19. Dimana dari jumlah tersebut, empat pasien berinisial RBT, JG, IG dan AS, telah sembuh. Sedangkan empat pasien lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit yakni AMH, MAH, AT dan RMTF," ujarnya. 

Ditambahkan mantan Kabid P2PL Dinas Kesehatan Pelalawan ini,  berdasarkan data yang dirangkum tim gugus tugas pada Kamis (14/5/2020), tercatat sebanyak 2.471 kasus Covid-19 di Pelalawan. Selain ditemukan 8 pasien positif, dari jumlah tersebut juga terdata sebanyak 62 kasus pasien dalm pengawasan (PDP).

Rinciannya yakni 9 PDP masih di rawat di RSUD Selasih dan RSUD Arifin Ahmad, 45 PDP sembuh dan 8 PDP meninggal dunia. Kemudian untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.402 yang 319 orang diantaranya masih dalam proses pemantauan dan 2.083 orang telah selesai pemantauan. 

Laporan: M Amin Amran (Pangkalankerinci)
Editor: Hary B Koriun




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com