WABAH CORONA

Warga Pelalawan Positif Covid-19 Pernah Berobat di Pekanbaru

Pelalawan | Kamis, 25 Juni 2020 - 02:18 WIB

Warga Pelalawan Positif Covid-19 Pernah Berobat di Pekanbaru
Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan H Asril SKM MKes.(DOK.RIAUPOS.CO)

BAGIKAN


BACA JUGA

PANGKALANKERINCI (RIAUPOS.CO) - Masyarakat Kabupaten Pelalawan diminta dengan tegas dapat mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, satu warga Kabupaten Pelalawan dinyatakan positif Corona virus desease 2019 (Covid-19). Pasien berjenis kelamin perempuan berinisial Ny A (47) dari Kecamatan Bunut ini diketahui terkonfirmasi Corona setelah hasil swab dari Labkesda Riau turun, Selasa (23/6/2020).

Sekarang, pasien tersebut masih menjalani perawatan intensif diruang isolasi Covid-19 RSUD Selasih kecamatan Pangkalan Kerinci. Dan dengan adanya temuan kasus baru ini, maka tentunya masyarakat Negeri Amanah ini harus kembali meningkatkan kawaspadaan, setelah 15 hari lalu Pelalawan zero pasien positif sejak tanggal 8 Juni.


"Jadi, dengan adanya temuan kasus baru pasien positif Covid-19 ini, maka kita dari tim Gugus Tugas kembali menegaskan agar masyarakat di Negeri Seiya Sekata dapat mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Seperti menggunakan masker, hand sanitizer serta mencuci tangan pakai sabun dan air," terang Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan H Asril SKM MKes kepada Riaupos.co, Rabu (24/6/2020) diruang kerjanya.

Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini bahwa, pasien terkonfirmasi Corona ini tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah zona merah dan tidak pernah kontak dengan pasien positif. Hanya saja, warga asal Kecamatan Bunut ini sebelumnya menjalani pengobatan di salah satu Rumah Sakit swasta di Kota Bertuah Pekanbaru dengan keluhan demam. 

"Jadi awalnya A ini berobat rawat jalan di RS swasta Pekanbaru sekitar satu pekan lalu, dengan keluhan demam. Dan setelah berobat di RS itu, pasien kembali ke kediamannya di Desa Balam Merah Kecamatan Bunut. Hanya saja, setelah beberapa hari minum obat, sakit demamnya tak kunjung sembuh. Bahkan kondisi kesehatannya pun semakin menurun akibat mengalami gejala sesak nafas dan batuk.Sehingga pada tanggal 20 Juni, pasien ini berobat ke RSUD Selasih," paparnya.

Kemudian, sambung Asril, setelah mengatahui riwayat pasien, maka tim medis Gugus tugas RSUD Selasih langsung menetapkan A sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat di ruang isolasi. Kemudian, petugas kesehatan ini mengambil sampel cairan lendir hidung dan mulut A untuk dikirim ke Labkesda Riau. 

"Dan setelah dua hari di rawat di RSUD Selasih, maka pada Selasa (23/6/2020) sore, hasil swab Labkesda Riau turun dan menyatakan A terkonfirmasi Corona," ujarnya.

Ditambahkan mantan Kabid P2PL Dinas Kesehatan Pelalawan ini bahwa, dengan adanya temuan kasus baru pasien positif Covid-19 ini, maka tim gugus tugas langsung melakukan tracing terhadap sejumlah warga yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien. Khususnya pihak keluarga pasien A. 

"Untuk sementara, ada tiga orang yang kontak erat dengan pasien ini yakni suami dan dua anaknya. Dan ketiga keluarga pesien A ini telah kita lakukan test swab pagi tadi. Kita berharap hasilnya negatif, sehingga penyebaran Covid-19 di Pelalawan tidak kembali bertambah," tutupnya.

Laporan: M Amin Amran (Pangkalankerinci)

Editor: Eka G Putra




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com