WABAH VIRUS CORONA

ODP di Pelalawan Bertambah Jadi 12 Orang

Pelalawan | Kamis, 26 Maret 2020 - 14:03 WIB

ODP di Pelalawan Bertambah Jadi 12 Orang
RSUD Selasih Pelalawan telah menyiapkan dua kamar isolasi untuk pasien suspect corona. (INTERNET)

PELALAWAN (RIAUPOS.CO) - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) corona virus desease (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan kembali bertambah sebanyak 8 orang pada Kamis (26/3). Di mana sebelumnya terdata hanya 4 orang, saat ini totalnya meningkat menjadi 12 orang ODP.

Demikian disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Bencana Non Alam Copid-19 Kabupaten Pelalawan HM Harris melalui Juru Bicara H Asril SKM MKes kepada RiauPos.co, Kamis (26/3) di ruang kerjanya.


Dikatakannya, warga yang ODP ini memiliki riwayat perjalanan dari kota-kota yang menjadi pandemi virus corona dan kembali ke Pelalawan. Meski belum menunjukan gejala Copid-19 seperti demam, batuk, dan flu, namun mereka diminta untuk tetap berada di rumah dalam masa orbservasi. Artinya, mereka diisolasi mandiri di kediaman masing-masing dan diminta harus mengurangi kontak serta interkasi dengan warga lain. 

" Ya, ada peningkatan jumlah ODP yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Pelalawan. Di mana saat ini jumlahnya ada sebanyak 12 orang. Untuk itu, kita minta masyarakat terus bekerja sama untuk saling menjaga dengan melakukan social distancing atau tetap di rumah, tidak nongkrong, dan menjaga kebersihan rumah serta lingkungan masing-masing," terangnya.

Diungkapkan Asril yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan ini, meski jumlah ODP bertambah, namun jumlah warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), tidak mengalami penambahan yakni masih tetap berjumlah sebanyak 3 orang. Sedangkan mereka dirawat di ruang isolasi dua pasien di RS Efarina Pangkalan Kerinci dan satu PDP di RS Awal Bros Pekanbaru.

"Ke tiga warga PDP ini kondisinya telah mulai membaik. Dan saat ini kita masih menunggu hasil pemeriksaan swap laboratorium Kemenkes. Sedangkan untuk penanggulangan antisipasi Copid-19 ini, kita sudah menyiapkan tiga rumah sakit rujukan dengan 8 ruang isolasi. Yakni dua rung isolasi di RSUD Selasih, 5 ruang di RS Efarina dan 1 ruang di RS Amelia Medika," ujarnya seraya menyebutkan tim gugus depan tengah membahas anggaran sebesar Rp9 miliar untuk pembelian APD dan alat kesehatan lainnya. 

Ditambahkannya, Tim Gugus Tiga Pemkab Pelalawan melalui jajaran Satpol PP, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan pihak Polres Pelalawan, akan kembali meningkatan mobilisasi guna melakukan imbauan dan penertiban masyarakat yang masih banyak berkumpul di luar rumah.

"Ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 di Negeri Amanah. Jadi, mari sama-sama kita cegah penyebaran virus corona ini dengan tetap di rumah dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Khususnya mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, meski hingga saat ini Pelalawan nihil suspect atau warga positif Copid-19," tutupnya. 

 

Laporan: M Amin (Pelalawan)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com