WABAH CORONA

Alhamdulillah, Hasil Swab Satu Pasien Positif Klaster Magetan Sembuh

Pelalawan | Selasa, 26 Mei 2020 - 00:55 WIB

Alhamdulillah, Hasil Swab Satu Pasien Positif Klaster Magetan Sembuh
Ketua Gugus tugas percepatan Penanganan Covid-19 HM Harris melalui Juru Bicara H Asril SKM MKes.(DOK.RIAUPOS.CO)

PANGKALANKERINCI (RIAUPOS.CO) - Kabar gembira disampaikan tim gugus tugas percepatan penanggulangan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan Riau pada Senin (25/5/2020). Dimana satu dari tiga pasien terkonfirmasi Covid-19 di Pelalawan, telah dinyatakan sembuh dari infeksi virus mematikan tersebut. 

Warga kelurahan Langgam kecamatan Langgam berinisial RAH (13) itu sembuh, setelah pihak RSUD Selasih menerima hasil sampel lendir (swab) terbaru dari Labkesda Riau yang menyatakan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah Temboro Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini negatif Covid-19.

"Ya alhamdulillah, setelah hasil swab hari ino keluar, maka warga Pelalawan yang positif Covid-19 yakni RAH, telah dinyatakan sembuh. Dan insya allah, sore ini santri ini akan dipulangkan ke rumahnya di Kecamatan Langgam setelah dua pekan lalu di rawat di ruang isolasi RSUD Selasih Pangkalan Kerinci pasca dinyatakan positif," terang Ketua Gugus tugas percepatan Penanganan Covid-19 HM Harris melalui Juru Bicara H Asril SKM MKes kepada Riau Pos, Senin (25/5/2020) di ruang kerjanya.


Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini bahwa, RAH telah menjalani empat kali pemeriksaan laboratorium terhadap cairan hidung dan mulut selama diisolasi. Dan hasil swab keempat, santri ini dinyatakan telah negatif corona. Namun demikian, warga Kelurahan Langgam ini tetap menjalani isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari kedepan sesuai anjuran dokter. 

Dengan sembuhnya satu pasien terkonfirmasi Covid-19 itu, maka saat ini tersisa dua warga Pelalawan yang positif Corona. Kedua pasien tersebut yakni MRF, santri ponpes Al Fatah Magetan yang saat ini masih menjalani perawatan intensif diruang isolasi RSUD Selasih Pangkalan Kerinci. Serta AT (23) mahasiswa dari Arab Saudi yang dirawat di RS Eka Hospital Pekanbaru. 

Pihak rumah sakit kini juga masih menunggu hasil swab ketiga warga positif tersebut yang saat ini kondisi kesehatannya telah mulai membaik.

"Jadi, dari 8 kasus pasien positif Covid-19, enam pasien diantaranya telah sembuh dan pulang. Yakni RBT, JG, IG, AS, AMH dan RAH. Artinya, Covid-19 ini bisa disembuhkan jika menjalani perawatan kesehatan sesuai petunjuk dari pemerintah. Untuk itu, kita terus imbau agar masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini tidak panik dan tetap berpikir positif, dalam kondisi diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini," bebernya. 

Ditambahkan mantan Kabid P2PL Dinas Kesehatan Pelalawan ini, berdasarkan data yang dirangkum tim medis gugus tugas, tercatat sebanyak 2.793 kasus Covid-19 di Pelalawan pada 25 Mei 2020. Jumlah kasus tersebut terdiri dari kasus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.716 yang 303 diantaranya masih proses dan 2.413 selesai proses pemantauan. 

Kemudian untuk jumlah pesien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 69 kasus yang 56 diantaranya telah sembuh dan pulang. Sedangkan 5 PDP lainnya masih dirawat di RSUD Selasih dan RS Pekanbaru. Serta 8 PDP meninggal dunia yang keseluruhannya negatif Corona. Begitu juga untuk kasus pasien positif sebanyak 8 orang yang 6 diantaranya telah sembuh. Sedangkan 2 pasien lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Laporan: M Amin Amran (Pangkalankerinci)

Editor: Eka G Putra

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com