PENTINGNYA INOVASI BAGI GURU

Mengatasi Kejenuhan Siswa di Masa Pandemi

Pendidikan | Minggu, 03 Januari 2021 - 09:17 WIB

Mengatasi Kejenuhan Siswa di Masa Pandemi
Leni Marlina, SPD

Pandemi Covid-19 fenomena yang sampai saat ini masih berada di tengah-tengah kehidupan manusia didunia ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang sampai saat ini  masih menjadi problema terutama di dunia pendidikan. Pendidikan yang menjadi tolok ukur pengerak kemajuan negara saat ini mengalami kendala yang menjadi tantangan bagi guru sebagai penggerak pendidikan. Guru yang biasanya bertatap muka lansung kini harus berjauhan tanpa tatap muka, hal ini dilakukan guna membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus tersebut.

Belajar dari rumah merupakan pilihan saat ini. Proses pembelajaran yang mengharuskan kolaborasi antara orang tua siswa dengan guru. Hal ini dilakukan agar pembelajaran tetap diterima oleh siswa. Apapun bentuk yang di lakukan guru saat ini baik dengan cara daring, luring, maupun blended. Tiga hal tersebut di kenal dengan moda, tergantung kepada guru apa dan bagaimana cara menyampaikan setiap materi yang sudah tertuang dalam rencana pembelajaran dan tertuang dalam naskah atau LKPD dengan teknik dan instruksi yang jelas agar mudah dipahami oleh siswa.


Perlahan-lahan saat ini sudah terasa muncul kejenuhan setelah hampir memasuki penilaian akhir semester, dapat dilihat dari tingkat kepedulian orang tua semakin menurun, sudah mulai menurunnya ketepatan waktu bagi orang tua dalam mengantarkan tugas ke posko-posko yang sudah ditetapkan. Kondisi seperti ini menjadi keresahan bagi guru karena akan berdampak terhadap pola pikir siswa dan hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah merasa jenuh terhadap tugas-tugas yang diberikan. Pandemi juga menimbulkan berbagai isu yang menjadi tantangan bagi guru dikarenakan orang tua siswa sudah merasa bosan untuk menjadi guru dirumah masing-masing.

Kejenuhan tersebut menjadi tugas guru dan pihak sekolah untuk mengatasi agar siswa tetap bersemangat dan senang untuk belajar. Sekolah hendaknya mulai memikirkan terobosan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kejenuhan. Guru mempunyai peran utama karena guru merupakan penggeraknya. Untuk itu guru perlu mengkondisikan diri dan beradaptasi dengan cara melakukan berbagai inovasi-inovasi tentang pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa. Inovasi dilakukan dengan melihat dan mengevaluasi kegiatan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang akan dilakukan.

Guru dapat membuat inovasi dengan melihat moda yang digunakan. Inovasi pembelajaran dinilai sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang aktif, efektif dan efisien. Ide, gagasan, tindakan yang dianggap baru dalam bidang tertentu, untuk memecahkan masalah yang muncul. Inovasi biasanya muncul karena adanya keresahan guru tentang penyelenggaraan kegiatan pembelajaran serta dalam mengatasi masalah yang terjadi.

Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Kemauan guru untuk mencoba menemukan, menggali dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran merupakan salah satu penunjang akan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru.

Tanpa didukung kemauan dari guru untuk selalu berinovasi dalam pembelajarannya, maka pembelajaran akan menjenuhkan bagi siswa. Di samping itu, guru tidak dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Mengingat sangat pentingnya inovasi, maka inovasi menjadi sesuatu yang  harus dicoba untuk dilakukan oleh setiap guru. Oleh karena itu, seorang guru harus selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Langkah yang dapat dilakukan yakni perbaikan cara mengajar guru dengan menggunakan metode baru yang inovatif.

Guru perlu memahami dalam menyampaikan segala bentuk materi yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Materi yang dimaksud bisa berupa materi tertulis, maupun materi tidak tertulis. Materi ajar disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Isi materi ajar pada hakikatnya merupakan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu dipelajari siswa agar memiliki komptensi yang diharapkan.

Dengan demikian inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan mesti dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Berbagai  inovasi  tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat dan senang belajar. Kemauan guru untuk mencoba menemukan, menggali dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran merupakan salah satu penunjang akan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru yang segar dan mencerahkan. Guru diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal untuk membangun suasana belajar yang bermakna dan menyenangkan.

 

Leni Marlina,SPd, Guru SDN 2 Bantan Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com