PKK Prodi D-III Kebidanan STIKes Hang Tuah Galakkan Program Pemerintah

Pendidikan | Rabu, 04 Desember 2019 - 10:57 WIB

PKK Prodi D-III Kebidanan STIKes Hang Tuah Galakkan Program Pemerintah
FOTO BERSAMA: Para pimpinan STIKes Hang Tuah dan Pimpinan Prodi D-III Kebidanan STIKes foto bersa­­ma dengan unsur pimpinan Kecamatan Rumbai dan Kelurahan Maharani Kecama­tan Rumbai pada pembukaan PKK di wilayah tersebut, baru-baru ini. (Prodi D-III Kebidanan for Riau Pos)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Sebanyak 68 mahasiswa Program Studi (Prodi) D-III Kebidanan STIKes Hang Tuah Pekanbaru telah melaksanakan praktik kebidanan komunitas (PKK) pada 18-30 November 2019 di Kelurahan Maharani wilayah kerja Puskesmas Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai.


 

Selama PKK, mahasiswa  melakukan kegiatan di antaranya survei kesehatan masyarakat, musyawarah masyarakat desa, pengabdian kepada masyarakat  berupa sosialisasi dan pelatihan pijat bayi, deteksi dini penyakit degeneratif, pemeriksaan kesehatan pada remaja putri sebagai deteksi dini terhadap kejadian stunting, pemeriksaan status gizi pada balita, sosialisasi Unmed Need pada PUS.

Selain itu, ada juga senam kebugaran jasmani dalam upaya menggalakkan gerakan masyarakat sehat (germas), pemeriksaan IVA pada wanita usia subur, sosialisasi KB pada pasangan usia subur, sosialisasi gizi seimbang dalam menu sehari-hari dan banyak kegiatan lainnya.

Ketua Pelaksana PKK Prodi DIII Kebidanan STIKes Hang Tuah Pekanbaru Kiki Megasari SKM MKes kepada Riau Pos, Selasa (3/12) mengatakan, pembukaan kegiatan PKK  di Kantor Camat Rumbai ini dihadiri Camat Rumbai Vemi Merliza yang diwakili Sekcam Syafrian Tomy SSTP MSi, Lurah Maharani M Rizky Pramdani SSTP, Wakil Ketua I STIKes Hang Tuah Pekanbaru Yuyun Priwahyuni SKM MKes dan Ketua Prodi D-III Kebidanan STIKes Hang Tuah Pekanbaru Miratu Megasari SST MKes. Penutupan di halaman Kantor Lurah Maharani.

Ketua Prodi D-III Kebidanan Miratu Megasari SST MKes mengharapkan dapat menerapkan ilmu kebidanannya di tengah masyarakat dan membantu program pemerintah di bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Diharapkan kegiatan ini mampu  memberdayakan masyarakat untuk dapat mengatasi permasalahan kesehatannya secara bersama-sama," ujarnya. Semoga setelah PKK, mahasiswa dapat menambah wawasan terutama di kebidanan komunitas dan terjalin hubungan baik antara STIKes Hang Tuah dan pihak Kecamatan Rumbai.(nto/c)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com