PENDIDIKAN

Prodi BI UIR Gelar Webinar Bersama Guru SMA/SMK Se-Inhu

Pendidikan | Senin, 05 April 2021 - 13:08 WIB

Prodi BI UIR Gelar Webinar Bersama Guru SMA/SMK Se-Inhu
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (BI) FKIP Universitas Islam Riau (UIR), melaksanakan seminar online dengan melibatkan guru-guru dari SMA/SMK Se-Kabupaten Indragiri Hulu, beberapa waktu lalu. (PRODI BI FKIP UNRI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO)  -- Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat (PKM), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (BI) FKIP Universitas Islam Riau (UIR), melaksanakan seminar online dengan tema "Solusi pengajaran pada masa pandemi Covid-19." Kegiatan kali ini melibatkan guru-guru dari SMA/SMK Se-Kabupaten Indragiri Hulu.

Dalam seminar dalam jaringan ini, diikuti oleh pemateri dari seluruh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, UIR. Dengan peserta, selain guru SMA/SMK di Kabupaten Inhu, juga diikuti mahasiswa kampus UIR yang dilaksanakan dua hari, 27-28 Maret 2021.


Seminar dibuka dengan sambutan Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Riau Akmal SE MSi diwakili Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Yunizon SH MH. Sementara itu Dekan FKIP UIR Dr Sri Amnah SPd MSi turut menyambut dengan pembukaan yang didengarkan ratusan peserta melalui aplikasi zoom.

Pihak Disdik Provinsi Riau mengatakan, melalui seminar online ini, diharapkan seluruh guru dan tenaga pendidik di Kabupaten Inhu dapat memanfaatkan pembelajaran dalam jaringan di tengah pandemi. Sehingga peserta didik dapat lebih optimal dalam menerima bahan ajar walaupun tidak langsung bertatap muka.

"Harus dimanfaatkan seminar serupa ini, karena memang di masa pandemi, guru dan tenaga pendidik harus memaksimalkan peran dalam menyampaikan pelajaran. Dan terimakasih kepada Prodi Bahasa Inggris UIR yang telah memberikan waktu dua hari penuh dalam seminar kepada guru-guru SMA/SMK Se-Kabupaten Inhu," kata Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Yunizon SH MH dalam sambutannya.

Selain dilaksanakan pemaparan dari dosen Prodi Bahasa Inggris FKIP UIR, dengan beragam materi seminar. Juga dilangsungkan tanya jawab antar peserta seminar dengan pemateri yang memberikan materinya pada seminar itu.

Salah seorang pemateri Marhamah kepada Riau Pos mengungkapkan, seminar yang digelar merupakan peran dosen di UIR dalam rangka pengabdian di masyarakat. Sasarannya bisa guru, bisa siswa.

"Kali ini kami melaksanakan webinar dengan guru-guru SMA/SMK di Inhu. Metode pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi memang sangat diperlukan hingga benar-benar kembali ke sekolah tatap muka," ujarnya.

Guru lanjutnya memang perlu mengikuti kegiatan serupa dalam rangka menambah pengetahuan tentang penyusunan bahan ajar dan media atau teknik penggunaan media sosial dalam pelajaran bahasa Inggris secara virtual seperti sekarang ini di tengah masa pandemi.

Pada hari pertama seminar, terdapat tujuh pemateri yang memaparkan bahan terkait pendidikan di masa pandemi. Kemudian pada hari kedua sebanyak 9 pemateri yang memberikan pemaparan. Seminar ini ditutup oleh Ketua Prodi Bahasa Inggris FKIP UIR Muhammad Ilyas SPd MPd.(egp)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com