KRITISI SEKOLAH BUKA DI ZONA KUNING

KPAI: Hak Sehat Bagi Anak Lebih Utama

Pendidikan | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 16:10 WIB

KPAI: Hak Sehat Bagi Anak Lebih Utama
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti (ISTIMEWA)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengkritisi kebijakan pembukaan sekolah di zona kuning sesuai revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri. Pasalnya, kebijakan tersebut memiliki risiko yang tinggi terhadap kesehatan anak di Indonesia.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19, total yang diijinkan membuka sekolah mencapai 249 kota/kabupaten atau 43 persen dari jumlah peserta didik.


"KPAI memandang bahwa hak hidup dan hak sehat bagi anak-anak adalah yang lebih utama di masa pandemi saat ini. Apalagi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menyampaikan bahwa anak-anak yang terinfeksi Covid-19, ada yang mengalami kerusakan pada paru-parunya," ungkap Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti dalam keterangan resminya, Sabtu (8/8).

Anak tersebut pun juga berpotensi menjadi carrier virus kepada sanak saudara yang ada di rumah, seperti kakek ataupun nenek yang daya tahan tubuhnya telah melemah. "Dengan begitu, kematian berpotensi akan meningkat terus, penularan berjalan terus, lalu kapan pandemi akan berakhir," tegasnya.

Merujuk pada ketentuan SKB 4 menteri sebelum di revisi, pembukaan sekolah hanya diperkenankan di zona hijau dengan pembukaan secara bertahap. Mulai dari jenjang SMA/SMK dan SMP, di mana sekolah harus memenuhi semua daftar periksa, siap menjalani pembelajaran tatap muka, serta orang tua murid setuju.

Ia pun mengatakan, sebelum menentukan pembukaan sekolah di zona kuning, ada baiknya pelaksanaan SKB tersebut dievaluasi dan dipublikasikan dahulu. "Sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan pengalaman atau praktik di satuan pendidikan yang membuka sekolah di zona hijau," tutupnya.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com