PROGRAM KAMPUS

Tim KKN Unri Balek Kampung-Kelompok Tani Teluk Makmur Tanam Jagung

Pendidikan | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 21:41 WIB

Tim KKN Unri Balek Kampung-Kelompok Tani Teluk Makmur Tanam Jagung
Tim KKN Balek Kampung Universitas Riau 2020 usai melakukam penanaman jagung. (KKN UNRI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Tim Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Balek Kampung Universitas Riau (Unri) 2020 ikut serta melakukan penanaman benih jagung bersama salah satu Kelompok Tani Kelurahan Teluk Makmur.

Salah satu mahasiswa KKN Ades mengatakan, Kelurahan Teluk Makmur didominasi dengan sektor pertanian dan perkebunan, sehingga sebagian besar warga berprofesi sebagai petani. 

Hal ini pun dimanfaatkan oleh tim KKN Balek Kampung untuk menjalankan salah satu program kerjanya di bidang ketahanan pangan yaitu pembibitan tanaman lokal berupa jagung. 


"Seperti yang diketahui bahwa jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat dan termasuk tanaman biji-bijian," katanya, Kamis (6/8/2020).

Tim pengabdian KKN melakukan kegiatan penanaman benih jagung di salah satu kelompok tani Kelurahan Teluk Makmur yang beralamat di Jalan Pemda/ Jalan Imam Dang. Kegiatan ini melibatkan salah satu petani bernama  Paidi. Penanaman dilakukan pada pukul 15.00 WIB. 

Ades menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan perekonomian petani melalui hasil pertanian berupa jagung yang digunakan untuk pakan ternak. Hasil dari panennya akan dijual untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak. 

"Dengan adanya kerjasama kelompok tani dan tim pengabdian kukerta, maka waktu yang dibutuhkan untuk penanaman benih jagung menjadi lebih cepat dan efisien," ungkapnya.

Untuk melakukan penanaman, Ades memaparkan pertama-tama lahan dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian dibajak dengan hand tractor dengan tujuan agar tanah menjadi gembur. 

Lalu tanah yang sudah gembur dibuat bedengan (gundukan) dengan ukuran 100 cm x 40 cm pada lahan dan berikan jarak antar bedeng 30-40 cm.  Setelah itu membuat lubang dengan kedalaman 3-5 cm, lalu lubang tersebut diisi dengan  3 biji jagung yang sudah direndam selama satu malam. 

Setelah 5 hari dilakukan pengecekan terhadap benih jagung yang ditanam. Waktu yang dibutuhkan petani untuk memanen jagung yaitu sekitar 3-4 bulan.

Laporan: Annafi M (Pekanbaru)
Editor: Eko Faizin

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-28.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com