MENUJU DAERAH WISATA MANDIRI

Dosen Unri Lakukan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Koto Benai

Pendidikan | Minggu, 08 Agustus 2021 - 10:14 WIB

Dosen Unri Lakukan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Koto Benai
Dosen Universitas Riau foto bersama saat kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Koto Benai yang ditaja oleh LPPM Unri, Selasa (3/8/2021). (KKN UNRI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dosen Universitas Riau (Unri) yang terdiri dari Dr Ir Eni Sumiarsih MSc, Kausar SSos MS dan Dr Ir Eddiwan MSc juga melibatkan mahasiswa KKN Unri melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Koto Benai yang ditaja oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unri pada  3-5 Agustus 2021.

Dosen Unri Dr Ir Eni Sumiarsih MSc mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat di Koto Benai mengenai pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan potensi desa pada tiga bidang yaitu perikanan, pertanian, dan home industri untuk desa wisata.

Yamaha Alfa Scorpii

"Kegiatan ini sangat memberikan dampak yang postif bagi masyarakat Desa Koto Benai. Apabila Desa Koto Benai sudah dijadikan sebagai desa wisata maka akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Eni Sumiarsih, Sabtu (7/8).

Ia menuturkan, Desa Koto Benai memiliki potensi desa yang dapat dieksplor lebih banyak lagi. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini tidak hanya memberikan materi tetapi juga pelatihan atau praktIk.

"Ini merupakan kegiatan LPPM Unri berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap dosen di sebuah perguruan tinggi," sebutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Desa Koto Benai untuk dijadikan sebuah desa wisata yang maju dan mandiri nantinya.  "Pelatihan ini diikuti oleh kelompok masyarakat yaitu, kelompok tani, perikanan dan home industry (UMKM). Kegiatan ini juga dibuka oleh Sekretaris Camat Benai, Faisal Ibrahim," terangnya.


Diungkapkannya, Camat Benai sangat mendukung kegiatan ini. Begitu juga yang diharapkan Kepala Desa Koto Benai Rasdianto dalam sambutannya bahwa perangkat desa sangat mendukung kegiatan ini. Diharapkan adanya keberlanjutan dari kegiatan ini sehingga Desa Koto Benai dapat dijadikan desa wisata yang maju.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam kegiatan pemberdayaan ini, LPPM Unri  telah menjalin kemitraan dengan pemerintahan Desa Koto Benai. Menurutnya, Desa Koto Benai memang sangat pantas dijadikan sebagai desa wisata dengan potensi desa yang ada seperti adanya budidaya ikan arwana, adanya peternakan sapi, potensi sawah, ikan nila serta adanya UMKM yaitu pembuatan kerupuk kulit dan kulit sapi yang belum diolah.

"Potensi yang ada ini jika dikembangkan lagi akan menghasilkan nilai ekonomis yang lebih lagi, seperti pengolahan ikan nila yang tidak hanya dijual ikan segar tetapi dilakukan diversifikasi produk ikan nila," terangnya.

Lanjutnya, kegiatan ini tidak hanya berupa pemberian materi tetapi juga melakukan praktik langsung. Dosen Unri juga mengajarkan budidaya ikan yang ramah lingkungan yaitu budidaya ikan dalam ember disertai penanaman kangkung diatasnya. "Jadi tidak hanya ikan yang didapat sayur kangkung juga dapat dipanen," sebutnya.

LPPM Universitas Riau juga memberikan bantuan benih lele, pakan untuk budidaya ikan  serta kompor satu set, alat masak dan pisau satu set kepada ibu-ibu PKK Desa Koto Benai.(dof/c)

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com