PENDIDIKAN

Pandemi, Unilak Gelar Pamaba Secara Daring

Pendidikan | Kamis, 08 Oktober 2020 - 20:09 WIB

Pandemi, Unilak Gelar Pamaba Secara Daring
Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum didampingi Wakil Rektor I Zamzami SKom MKom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, dan Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH memberikan pengarahan saat Pamaba secara daring, Kamis (8/10/2020).(HUMAS UNILAK FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Universitas Lancang Kuning resmi melakukan pengenalan akademik mahasiswa baru (Pamaba) tahun 2020-2021, Rabu (7/10/2020) dan Kamis (8/10/2020). Pamaba dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19 dan diikuti ribuan mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Pamaba dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum didampingi Wakil Rektor I Zamzami SKom MKom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, dan  Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH. Pamaba mengangkat tema mewujudkan mimpi di kampus pilihan.


"Saudara sekalian dalah orang-orang pilihan yang telah memutuskan untuk bergabung sebagai mahasiswa di Universitas Lancang Kuning. saya selaku rektor dan civitas akademika menyambut kedatangan saudara-saudara, dengan tangan terbuka, hati yang tulus dan pikiran yang cernih, untuk mewujudkan mimpi anda menjadi seorang sarjana yang berkontribusi untuk kemajuan diri anda, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. anda kini telah menjadi keluarga besar Unilak," ujar Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum.


Rektor menambahkan mahasiswa baru telah memilih Unilak sebagai kampus untuk belajar, berbagi pengalaman, dan menempa diri, sehingga nanti dapat mewujudkan mimpi, impian dan cita-cita anda menjadi orang sukses. “Kami akan mengantar kesuksesan anda, mari kita raih sukses bersama di Universitas Lancang Kuning," ujarnya.

"Kuatkan niat, kukuhkan tekad, mantapkan langkah dan ayunkan tangan untuk bergerak bersama kami di universitas Lancang Kuning. hilangkan rasa malas, rendah diri dan manja. jadilah anda mahasiswa yang tangguh, cerdas, kreatif, innvatif dan memiliki karakter yang kuat dan mulia," tambahnya.


Unilak adalah kampus yang mengusung visi menjadi universitas unggul di tingkat nasional berlandaskan budaya Melayu. Unilak terus bertransformasi sesuai dengan tren zaman dan keperluan masyarakat dan dunia kerja.

Di masa pamaba ini juga menjelaskan tujuh nilai utama, yang digali dari nilai-nilai luhur yang terdapat dalam budaya melayu dan budaya indonesia. "Setiap insan Unilak (mahasiswa baru) harus memegang teguh nilai-nilai ini, religius, jujur, visioner, bijaksana, disiplin, bermartabat, dan kerja sama," ujar  Rektor.

Disebutkan Rektor bahwa Unilak memiliki keunggulan yang bisa mengantarkan kesuksesan bagi mahasiswa baru. Ini didasarkan pada, Unilak berlandaskan budaya Melayu dan tetap menghormati keberagaman budaya dan agama setrta emiliki kampus yang hijau dan asri dengan luas lahan 55 hektare di Kota Pekanbaru. "Saat ini Unilak menjadi tempat orang berolahraga sekaligus memperoleh udara yang segar dari pepohan yang terdapat di lingkungan sekitar, ada lebih dari 15 beasiswa yang tersedia di Unilak. Lebih dari 1.000 mahasiswa menerima beasiswa di tahun 2019," ujar Junaidi.

Ketua panitia Pamaba 2020, Dr Bagio Kadaryanato, SH MH mengatakan, pelaksanaan pamaba berlangsung selama dua hari. Kegiatan yang dilakukan yaitu pengenalan akademik oleh biro Akademik Unilak, pengenalan organisasi kemahasiswaan di Unilak, pengenalan etika mahasiswa, pembelajaran online dengan blended learning.

Organisasi kemahasiswaan di tingkat univeritas dan fakultas juga dilibatkan untuk memperkenalkan organisasi kepada mahasiswa baru. Ini bertujuan agar mahasiswa baru memiliki tepat untuk pengembangan diri, perkuat jaringan, meningkatkan prestasi, melatih leadership dan lainnya. Beberapa ormawa yang ada di Unilak yaitu, BEM, DPM, tim bola basket, UKMI AL Fatah, Panahan, tim sepakbola, Menwa,Waradipa, VISI, dan lainnya.

Laporan: Denni Adrian
Editor: Arif Oktafian/Eka G Putra








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU






EPAPER RIAU POS  hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com