NADIEM BEBASKAN DAERAH TENTUKAN PILIHAN

Jika Belum Siap, Sebaiknya Sekolah Bilang Belum Siap

Pendidikan | Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:12 WIB

Jika Belum Siap, Sebaiknya Sekolah Bilang Belum Siap
Mendikbud Nadiem Makariem (DOK JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dilaksanakan pada Senin (13/7) mendatang. Adapun, yang diperbolehkan pemerintah untuk memulai pembelajaran tatap muka adalah tingkat SMP dan SMA/SMK yang berasal di zona hijau terlebih dahulu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali menegaskan bahwa kebebasan untuk menentukan atau tidaknya sekolah masuk itu berada pada tingkat kepala daerah, kepala sekolah dan juga orang tua anak didik.


"Jadi masing-masing yang belum siap (sekolah dibuka) bilang saya belum siap, kalau sekolah sudah mulai buka, tapi orang tua tidak nyaman, sekolah tidak bisa memaksa untuk anaknya bersekolah," terang dia dalam webinar, Sabtu (11/7).

Pihaknya memberikan kebebasan memilih kepada seluruh pihak terkait pembukaan sekolah di masa pandemi. Di mana saat ini kasus Covid-19 belum terlihat tanda penurunan.

"Ini kan mengenai kesehatan masing-masing, jadi setiap kepala unit diberikan kebebasan untuk menentukan kalau mereka belum siap, kami yang memberikan aba-aba untuk buka dulu. Ini cara yang paling hati-hati," tutur dia.

Nadiem pun menerangkan ketika dirinya melakukan peninjauan ke SMAN 4 Kota Sukabumi beberapa waktu lalu bersama Wakil Presiden Maaruf Amin. Dia mengatakan bahwa sekolah tersebut merupakan contoh untuk sekolah yang lain dalam penerapan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari santisasi, pemakaian masker, face shield hingga menjaga jarak 1,5 meter.

"Kalau saya jadi orang tua di sana, saya akan sangat nyaman, ini kan mengenai kepercayaan kepada institusi sekolah untuk melakukan prokes dengan baik, ini nggak mudah," ungkap dia.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com