Tanaman Tumpang Sari di Kebun Sawit

Pendidikan | Jumat, 14 Februari 2020 - 10:23 WIB

(RIAUPOS.CO) -- Kebun kelapa sawit biasanya mencakup lahan yang lumayan luas, bahkan sangat luas. Oleh karena itu ada baiknya jika di sela-sela pohon sawit disisipi tanaman lain. Biasa disebut pola tumpang sari. Jadi lahan yang luas tidak sia-sia atau banyak ditumbuhi gulma.  Kehadiran tanaman tumpang sari memiliki beberapa fungsi di antaranya fungsi ekologis dan ekonomis. Berikut beberapa tanaman yang cocok untuk berbagi lahan dengan kepala sawit seperti dikutip dari laman sawitnotif.pkt-group.com.

# Kacang-kacangan


Salah satu pilihan tumpang sari yang paling sering ditanam adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan beberapa jenis kacang lainnya terbukti membantu dengan baik di perkebunan kelapa sawit. Fungsinya adalah sebagai tumbuhan yang memberikan nitrogen dan membantu perkembangan pseudomonas dan bakteri baik yang berguna untuk pohon-pohon tumbuhan inti. Juga kacang kedelai dipercaya mampu mengikat nitrogen dari udara.

# Singkong, Jagung dan Palawija

Jenis-jenis tanaman yang satu ini memang terbukti paling banyak ditanam di sekitar perkebunan. Selain baik untuk menambah pendapatan para petani, singkong, jagung dan beragam palawija lainnya dipercaya mampu menghambat pertumbuhan rumput liar. Daripada petani capek membersihkan rumput-rumput yang berubah menjadi hama pengganggu, lebih baik menanam singkong dan jagung. Selain menghambat pertumbuhan organisme tidak berguna, juga menjadi lahan empuk menambah pundi-pundi pendapatan sendiri.

# Gaharu

Banyak yang tidak tahu bahwa pohon-pohon gaharu bisa dijadikan tumbuhan alternatif yang ditanam di sekitar perkebunan kelapa sawit. Pohon gaharu berfungsi mampu menggemburkan unsur hara pada tanah di sekitar perkebunan. Selain itu, pohon-pohon gaharu ini juga terbukti mampu menahan asupan air berlebih pada saat terjadinya musim hujan. Dan memberikan air lagi pada tumbuhan di saat musim kemarau. Satu lagi, gaharu memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi alias mahal harganya.

# Pinang

Pohon-pohon pinang yang ditanam di sekitar kelapa sawit juga ternyata berfungsi sebagai penyubur tanah karena dinilai memberikan unsur-unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan kelapa sawit. Anda bisa memilih alternatif tanaman-tanaman seperti ini jika bosan dengan tumbuhan tumpang sari yang itu-itu saja. Tapi harus diingat penanamannya haru tetap memperhatikan aturan pengolahan yang baik dan benar. Sehingga tidak mengganggu tanaman inti.(int/zed)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Achmad - Idul Fitri


EPAPER RIAU POS  2020-05-21.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com