Peduli akan Kesehatan, Mahasiswa Kukerta Keperawatan Unri Gelar Tanam TOGA

Pendidikan | Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:57 WIB

Peduli akan Kesehatan, Mahasiswa Kukerta Keperawatan Unri Gelar Tanam TOGA
Mahasiswa Kukerta Program B2018 Fakultas Keperawatan Universitas Riau foto bersama dengan masyarakat saat melakukan kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang berlokasi di RW 05 Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Sabtu (14/12/2019). (FAUZAN ARIF YASMAN FOR RIAUPOS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Salah satu bentuk kepedulian akan kesehatan di masyarakat, Mahasiswa Kukerta Program B2018 Fakultas Keperawatan Universitas Riau taja kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang berlokasi di  RW 05 Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dibarengi dengan pengaplikasian dari pupuk kompos dan sampah yang bisa dijadikan sebagai tempat penanamannya.

Kegiatan ini dihadiri masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu yang terdiri dari Perangkat Desa, tim penggerak PKK, masyarakat serta mahasiswa Univesitas Riau yang sedang melaksanakan Kukerta. Dimulai dari pembukaan, dilanjutkan dengan penjelasan dan tanya jawab tentang pupuk kompos dan limbah sampah untuk penanaman TOGA yang nantinya dapat digunakan masyarakat sebagai obat tradisional penanganan pertama apabila terjadi masalah kesehatan. Setelah selesai penjelasan dilanjutkan dengan penanaman TOGA serta pengaplikasian pupuk kompos secara bersama-sama dengan masyarakat.

Sementara itu, ketua tim TOGA Okvi Mawarni mengungkapkan kegiatan ini di selenggarakan untuk membantu masyarakat yang masih mengkonsumsi obat-obatan tradisional dengan cara memaksimalkan cara penanaman dan jenis tanaman yang digunakan untuk dijadikan Tanaman Obat Keluarga khususnya untuk masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.

“Melihat antusias dan masih banyaknya masyarakat yang sering mengkonsumsi obat-obatan tradisional jadi kami berinisiatif untuk membuat lahan Tanaman Obat Keluarga dengan berbagai jenis tanaman seperti: kencur, jahe, jeruk kasturi dan lain sebagainya. Apalagi ditambah dengan adanya pupuk kompos ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai alternatif pengganti pupuk kimia untuk menyuburkan tanaman obat keluarga beserta jenis tanaman lainnya,” tutupnya. ***

Editor: Arif O
 







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com