Mahasiswa Akhir Dua Prodi STIKes Hang Tuah Diangkat Sumpah Profesi

Pendidikan | Senin, 15 Maret 2021 - 10:35 WIB

Mahasiswa Akhir Dua Prodi STIKes Hang Tuah Diangkat Sumpah Profesi
Para pimpinan STIKes Hang Tuah foto bersama usai dilakukan secara daring angkat sumpah profesi prodi DIII Rekam Medis Informasi Kesehatan dan Prodi DIII Teknik Gigi STIKes Hang Tuah Pekanbaru, Sabtu (13/3/2021). (HUMAS STIKES HANG TUAH FOR RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) DIII Rekam Medis  Informasi Kesehatan dan Prodi DIII Teknik Gigi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hang Tuah Pekanbaru, dilakukan angkat sumpah profesi. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa akhir atau yang akan diwisuda.

Angkat sumpah profesi secara daring tersebut berlangsung di Aula STIKes Hang Tuah Pekanbaru, Sabtu (13/3) dan disaksikan para pimpinan perguruan tinggi serta para undangan lainnya.

Yamaha Alfa Scorpii

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru dr H Zainal Abidin MPH memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan angkat sumpah profesi yang dilakukan. Semoga mahasiswa yang diangkat sumpah profesi nantinya mampu mengaplikasinya ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

Ketua STIKes Hang Tuah Pekanbaru Ahmad Hanafi SKM MKes mengatakan, angkat sumpah yang dilakukan ini adalah merupakan amanat UU No 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan. Pada pasal 21 UU tersebut dinyatakan bahwa pendidikan vokasi dan profesi harus mengikuti uji kompetensi. ‘’Mudah-mudahan mahasiswa yang mengikuti angkat sumpah ini telah lulus uji kompetensi,’’ paparnya.

Kemudian pada pasal 44 UU tersebut dinyatakan pula bahwa setiap tenaga kesehatan yang melaksanakan praktek wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). STR diberikan yakni ada ijazah dan ada surat angkat sumpah. Ini merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan.(nto/c)

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-11.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com