PENDIDIKAN

MTs Muhammadiyah 02 Launching Program Bahasa Inggris dan Arab

Pendidikan | Selasa, 17 Maret 2020 - 10:50 WIB

MTs Muhammadiyah 02 Launching Program Bahasa Inggris dan Arab
TERIMA BENDERA: Tim Paskibra MTs Muhammadiyah 02 menerima bendera Indonesia, English dan Arabic dari Kakanwil Kemenag Riau Dr H Mahyudin MA dalam launching penggunaan bahasa asing, Senin (16/3/2020).

BAGIKAN


BACA JUGA

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah 02 Pekanbaru, meluncurkan program penggunaan bahasa Inggris dan Arab di kehidupan sehari-hari, Senin (16/3). Ini sebagai bentuk penguatan kompetensi bahasa asing yang dicanangkan oleh Kementrian Agama (Kemenag).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau, Dr H Mahyudin MA didampingi Kakanwil Kemenag Kota Pekanbaru, Dr H Edwar S Umar MA, Kepala MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru, Sudirman SAg MPd dan lainnya.


“Melalui launching ini diharapkan semua warga madrasah bisa lebih aktif berbicara dua bahasa ini, selain bahasa Indonesia,” ujar Kepala MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru, Sudirman.

Dalam menghadapi era society 5.0 siswa harus memiliki skill penggunaan bahasa internasional yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Madrasah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk memiliki inovasi dibidang pendidikan, salah  satunya bahasa. “Ke depan MTs Muhammdiyah 02 bisa menjadi Madrasah Inggris dan Arab,” tutupnya.

Sudirman mengharapkan, siswanya dapat menerapkan ini baik di sekolah maupun di rumahnya masing-masing. Karena penerapan kedua bahasa ini tidak bisa dilakukan secara sepihak, namun harus ada dorongan yang kuat dari siswa dan juga orang tua.

Apalagi kata Sudirman, pihak sekolah tidak bisa mengawasi siswanya untuk menerapkan penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arap. Namun praktik yang baik dan efisien adalah di rumah dan juga dilingkungan siswa berada.

‘’Kami mengharapkan para siswa bisa mengaplikasikan sendiri di rumah atau saat bersama teman-temannya. Intinya jangan malu dalam mengucapkan atau berdialog dalam dua bahasa ini. Karena semakin kita praktekkan, maka akan semakin lancar dalam penggunaan bahasa asing ini,’’ harapnya.(ksm/c)

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com