PENDIDIKAN

Dosen dan Mahasiswa Unri Ciptakan Rumah Pengering Sinar Matahari

Pendidikan | Sabtu, 18 September 2021 - 09:10 WIB

Dosen dan Mahasiswa Unri Ciptakan Rumah Pengering Sinar Matahari
Ketua Tim Pengabdian Universitas Riau Dr Sumarto SPi MSi (lima kiri) foto bersama dengan mahasiswa Universitas Riau dan masyarakat sekitar setelah berhasil membuat Rumah Pengering Sinar Matahari di Desa Alahair Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Jumat (17/9/2021). (UNRI UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Melalui program pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa Universitas Riau berhasil menciptakan Rumah Pengering Sinar Matahari yang efisien untuk produk pangan dan perikanan.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Universitas Riau Dr Sumarto, SPi M.Si kegiatan tersebut dilakukan melalui program kemitraan alih teknologi inovasi produk pangan berbasis tepung komposit yaitu sagu dan Ikan biang Ilisha elongata di UMKM "Kube Dian Lestari" Desa Alahair Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.

Yamaha Alfa Scorpii

Program itu berlangsung sejak tanggal 23-28 Agustus 2021 lalu bersama para tim dosen lainnya yaitu Dr Desmelati SPi MSi, Dr Ir Suparmi MSi, Ir Dahlia M.Si dan Dr Tjipto Leksono MPhil, Jumat (17/9).  "Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau Tahun anggaran 2021," ucapnya.

Selain itu, kegiatan pengabdian ini melibatkan tim dosen, mahasiswa dan pihak mitra yaitu Kube "Dian Lestari". Dimana kegiatan ini bertujuan untuk program kemitraan dan alih teknologi dalam pengembangan usaha UMKM di Selatpanjang dalam berinovasi memproduksi produk pangan berbasis pada pemanfaatan tepung ikan biang (Ilisha elongata) dan sagu di Selatpanjang.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan inovasi dalam pembuatan rumah pengering sinar matahari dengan sistem semi tertutup dengan bahan plastik UV. Perangkat pengering ini memiliki keunggulan yaitu: produk seperti kerupuk, tepung ikan dan olahan lainnya lebih aman dari kondisi hujan, produk lebih higenis, dan lebih efisien dalam penggunaanya karena suhu dalam ruang pengering berkisar 45-62 oC sehingga lebih cepat dalam proses pengeringan produk, "jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kube Dian Lestari  Ahmad Muhaimin  menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim dosen pengabdian masyarakat Universitas Riau yang telah menjadikan Kube "Dian Lestari" sebagai Mitra Pengabdian Universitas Riau.(ayi)


 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com