PENDIDIKAN

Dosen Faperta Unri dan Kukerta Integritas Latih Pembuatan Pupuk Hayati

Pendidikan | Senin, 21 September 2020 - 10:17 WIB

Dosen Faperta Unri dan Kukerta Integritas Latih Pembuatan Pupuk Hayati
Tim Dosen Faperta Unri, mahasiswa Kukerta, Lurah Lembah Sari dan Ketua Gapoktan Lembah Sari foto bersama usai pelatihan pembuatan pupuk di RW 13 Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, beberapa waktu lalu.(DOSEN FAPERTA FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Dosen Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Riau (Unri) dan Tim kuliah kerja nyata (Kukerta) Integritas melatih pembuatan pupuk hayati. Ini dilatarbelakangi adanya budidaya beberapa jenis tanaman hortikultura yang terdapat di RW 13 Kelurahan Lembah Sari. Tujuannya, untuk memberikan informasi pembuatan pupuk hayati dengan memanfaatkan limbah cair cucian beras dan konsorsium bakteri potensial hasil isolasi dari penelitian tim dosen.Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh beberapa petani yang merupakan bagian dari beberapa kelompok tani yang diketuai oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yaitu Basuki.


Tim pengabdian ini diketuai oleh Isna Rahma Dini MSi bersama tim dosen lain, Prof Hapsoh, Dr Wawan dan Desita Salbiah MSi serta mahasiswa Kukerta Abdimas.

"Petani di daerah sudah pernah membuat pupuk oganik dari kotoran sapi. Namun, pemanfaatan air cucian beras belum pernah diterapkan pada tanaman yang mereka budidayakan," ujar Isna.

Pelatihan dihadiri oleh Lurah Lembah Sari, Iif Syefulloh JB Sstp. Ia sangat mendukung kegiatan pelatihan ini dalam rangka mendorong petani untuk dapat membuat pupuk hayati secara mandiri guna dapat meningkatkan produktivitas tanaman yang dibudidayakan oleh petani. Selain pembuatan pupuk hayati, pada kegiatan ini juga dilakukan diskusi mengenai pengendalian hayati yang dilakukan untuk menanggulangi serangan hama pada tanaman dan juga upaya meningkatkan kesuburan tanah pada lahan budidaya tanaman di RW 13 Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Pesisir.

Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut, sehingga Kelurahan Lembah Sari RW 13 diharapkan dapat menjadi desa binaan Universitas Riau. Hal ini diamini oleh Basuki, Ketua Gapoktan Lembah Sari. "Semoga tidak selesai sampai di sini saja. Kami berharap, Kelurahan Lembah Sari dapat menjadi salah satu kelurahan binaan Unri, khususnya dalam pengembangan usaha pertanian," harapnya.(azr/c)










youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-22.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com