PEMBICARA DARI ARAB

Kuliah Umum Prodi Bahasa Inggris UIR Bahas Pembelajaran Dengan Teknologi

Pendidikan | Selasa, 22 September 2020 - 10:14 WIB

Kuliah Umum Prodi Bahasa Inggris UIR Bahas Pembelajaran Dengan Teknologi
Tangkapan layar kegiatan kuliah umum yang digelar prodi bahasa Inggris Universitas Islam Riau.(PANJI A SYUHADA/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Program Studi Bahasa Inggris Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan Kuliah Umum secara virtual, Senin (21/9/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa aktif yang berada di semester ganjil.

Ketua pelaksana, Marhamah SPd MEd menjelaskan kuliah umum ini merupakan agenda yang digelar rutin setahun sekali. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan tatap muka, namun karena pandemi Covid-19 makanya digelar virtual.

"Yang hadir ratusan mahasiswa UIR semester ganjil yang aktif, yaitu dari semester 3, 5 dan 7. Rupanya antusias tinggi dan alumni mau ikut, jadi mereka diakomodir secara live di akun YouTube," katanya kepada Riaupos.co.

Kuliah umum pada semester ini mengangkat tema How to Learn English Autonomously with Technology yaitu membahas tentang bagaimana belajar bahasa Inggris melalui teknologi. Prodi Bahasa Inggris UIR tersebut menghadirkan pembicara yang berkompeten yaitu Prof Reima Al Jarf.


Dalam pemaparannya, Guru Besar dari Arab Saudi ini memaparkan bahwa teknologi dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya mahasiswa atau pelajar yang sedang mengahadapi Covid-19, mesti manfaatkan teknologi dalam pembelajaran agar tetap produktif. Terutama bagi mahasiswa agar mampu belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan komposisi teknologi dan internet. Di momen itu, Prof Reima juga menampilkan tayangan slide beberapa contoh website untuk belajar.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UIR, Dr Hj Sri Amnah MSi mengatakan, bahwa kuliah umum ini tentunya menambah wawasan mahasiswa dan dosen, sesuai dengan temanya.

"Ini juga sebagai ajang untuk jalin kerjasama dengan universitas di luar negeri untukk mencapai target Prodi Bahasa Inggris menjadi Prodi yang berakreditasi Unggul," katanya.

Dalam kuliah umum virtual ini, Dekan memuji pemateri yang secara lugas menyampaikan pandangannya. 

“Luasnya wawasan dan pemaparan Prof Reima Al Jarf sangat menarik sehingga menimbulkan atensi mahasiswa dan dosen untuk bertanya pada beliau," tuturnya.

FKIP sendiri sejak awal Maret sudah melaksanakan perkuliahan secara virtual untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Rektor Universitas Riau, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL mengapresiasi kuliah umum yang digelar virtual tersebut. Dikesempatan itu, Rektor juga memberikan pandangan dan sambutannya secara lugas. Menurutnya belajar secara mandiri kini dapat dilakukan dengan mudah saat ini, tentunya dengan didukung kemajuan teknologi.

"Internet dan gadget sangat membantu pembelajar untuk bisa belajar melalui situs-situs pembelajaran yang sudah banyak aplikasinya di dalam google play," katanya.

Pada agenda virtual itu seluruh pembahasan diulas dengan menggunakan bahasa inggris. Juga turut hadir Kepala Prodi Bahasa Inggris UIR Muhammad Ilyas SPd MPd dan para civitas akademika lainnya.

Laporan: Panji A Syuhada (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra










youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  Hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com