SMK Muhammadiyah 2 Ditetapkan sebagai SMK Pusat Unggulan Skema Pemadanan Industri 2022

Pendidikan | Jumat, 24 Juni 2022 - 17:02 WIB

SMK Muhammadiyah 2 Ditetapkan sebagai SMK Pusat Unggulan Skema Pemadanan Industri 2022
Gedung SMK Muhammadiyah 2 di Jalan KH Ahmad Dahlan terlihat megah. (SMK MUHAMADIYAH 2 FOR RIAUPOS.CO)

Setelah berhasil melaksanakan Program SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2021, SMK Muhammadiyah 2 yang juga dikenal sebagai SMK Muda, kembali mengikuti seleksi SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Industri (skema lanjutan) pada tahun 2022. Alhamdulillah dari  10 SMK negeri dan swasta yang lulus di Provinsi Riau, satu di antaranya adalah SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru (SMK Muda).

Seleksi yang ditaja oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI itu ditetapkan melalui SK Dirjen Vokasi Nomor : 29/D/0/2022. Oleh karena itu, pada 20 - 22 Juni 2022 Kepala Sekolah SMK Muda Paiman Sanen SAg MPdI mengikuti Bimbingan Teknis Program SMK Pusat Keuanggulan Skema Pemadanan dukungan  di BBPPMPV Bispar Depok, Jawa Barat. Kemjudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Dirjen Vokasi dan SMK Muda.


Skema pemadanan ini adalah pemadanan investasi industri pada SMK yang terbagi atas dana tunai dan atau dana in kind. Pada skema pemadanan ini Kemendikbudristek Dikti akan menggelontorkan dana satu banding satu. Ini  bertujuan untuk memperkuat pembelajaran serta penambahan  sarana dan prasarana SMK, kebutuhan rencana bisnis dan terjadinya kolaborasi antara industri dan SMK. Dengan skema pemadanan ini diharapkan SMK Muda bisa meningkatkan kualitas untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri.

Dengan ditetapkannya SMK Muda sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan ini memberikan semangat tersendiri bagi  seluruh warga SMK, terlebih lagi ketika memasuki tahun pelajaran baru. Siswa baru yang mendaftar di SMK Muda TP 2022/2023 ini akan langsung dapat merasakan dan akan terlibat langsung dalam pelaksanakan program ini.

SMK Muda yang berlokasi di Jl KH Ahmad Dahlan No 90 Sukajadi, Pekanbaru ini, untuk Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah menghasilkan lulusan yang sudah berwirausaha, kuliah dan juga bekerja sesuai dengan output SMK.

Satu contohnya adalah Risly Ardian lulusan SMK Muda Tahun Pelajaran 2021/2022 yang kini dikenal sebagai entrepeneur muda. Lewat bisnis online-nya sekarang dia sudah meraup omset Rp5 juta per bulan.


Selain itu, lulusan SMK Muda juga tercatat sebagai salah satu SMK swasta terbanyak yang berhasil lulus pada SNMPTN Tahun Pelajaran 2021/2022.

Menyambut Tahun Pelajaran 2022/2023 SMK Muda saat ini sedang melaksanakaan penerimaan siswa baru dengan enam program keahlian:

1. Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim ( PPLG)
2. Tehnik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT)
3. Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)
4. Pemasaran
5. Desain Komunikasi Visual (DKV)
6. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)

Diharapkan dengan skema pemadanan siswa yang ada di masing-masing program keahlian bisa meningkat kualitas pembelajaran serta mampu menghasilkan lulusan yang unggul di bidang masing-masing.(adv/zed)

NARASI: ZULKIFLI ALI








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  9-Gugust.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com