Wifi Gratis Tanpa Pesan Minuman Bagi Pelajar di Kopi Sensei Pekanbaru

Pendidikan | Jumat, 24 Juli 2020 - 15:35 WIB

Wifi Gratis Tanpa Pesan Minuman Bagi Pelajar di Kopi Sensei Pekanbaru
Salah satu ruangan di kedai kopi Sensei, Jalan Abdul Muis Pekanbaru yang menyediakan wifi gratis bagi pelajar tanpa harus memesan minuman, seiring penerapan sekolah daring.(KOPI SENSEI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Kopi Sensei di Pekanbaru menyediakan jaringan internet secara gratis bagi para pelajar yang tengah sekolah secara daring. Berada di kawasan Jalan Abdul Muis, Gobah ini melayani pelajar tersebut mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB.

Pengelola Kopi Sensei, Visieko Jasman mengakui bahwa ide tersebut muncul lantaran melihat situasi belajar online bagi siswa sekolah di masa pandemi ini. Tanpa pesan minuman, para pelajar sudah bisa menikmati jaringan internet kencang.

Dia sadar, bahwa warkop yang dikelolanya itu punya jaringan WiFi, makanya daripada menganggur maka itu diberikan kepada pelajar yang ingin mengakses internet untuk belajar secara daring.


"Ya kita berfikir mungkin daripada WiFi ini gak digunakan pagi hari, makanya kita sediakan untuk para pelajar yang mau belajar secara online. Kita buka mulai sore sampai malam, namun untuk pelajar kita buka pagi. Kita juga sediakan tempat bagi para pelajar ini," kata Eko, sapaannya, kepada Riau Pos, Jumat (24/7/2020).

Kopi Sensei menyediakan layanan ini kepada pelajar setelah dimulainya pembelajaran daring di tahun 2020/2021. Layanan tersebut baru dibuka dan disosialisasikan sejak 3 hari lalu. Pengelola juga tak memberatkan pelajar sedikitpun. 

"Tanpa pesan juga tak masalah, yang mereka bisa belajar secara daring," ujarnya.

Namun sejauh ini, Eko mengakui animo para pelajar untuk menggunakan akses internet gratis ini masih kurang, namun pihaknya tetap memberikan yang terbaik untuk siswa agar bisa belajar secara online tanpa kendala.

Menurutnya, sang pemilik juga menyadari bahwa jaringan internet menjadi kendala bagi pelajar saat ini, terutama yang ekonominya standar.

"Pemiliknya juga merupakan pengajar, dia dosen. Jadi ya soal ini dia memahami juga," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa warkop sensei tersebut tidak membatasi pelajar dari segi tingkatan. Semuanya di perbolehkan datang dan belajar secara online, namun pihaknya tetap memantau agar jaringan internet tersebut tidak digunakan untuk bermain game.

"SD sampe SMA semuanya dibolehkan, mungkin nanti kalau sudah ramai bisa di pisah-pisah. Namun kita saat ini juga tempatnya terbatas," ungkap Eko.

Namun demikian, niat mereka tersebut yaitu untuk membantu para pelajar yang terkendala dengan akses internet. "Yang penting bisa bermanfaat bagi orang lain," ujarnya.

Dia menyadari, pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih terus mengintai. Karena itu kopi Sensei juga menerakan protokol kesehatan, salah satunya adalah menjaga jarak dan mencuci tangan dengan fasilitas yang telah disediakan.

Laporan: Panji A Syuhada (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-01.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com