Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, PCR Buka Program Magister Terapan

Pendidikan | Rabu, 27 Mei 2020 - 14:28 WIB

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, PCR Buka Program Magister Terapan
Politeknik Caltex Riau.

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Politeknik Caltex Riau (PCR) membuka program studi baru yaitu Program Studi Magister (S2) Terapan Teknik Komputer. Pembukaan program ini secara resmi ditandai dengan telah terbitnya Surat Keputusan (SK) Mendikbud No 534/M/2020 tertanggal 15 Mei 2020 tentang Pembukaan Program Studi Magister (S2) Terapan Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau.

SK pembukaan prodi baru ini disampaikan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tingggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof. Heri, M.B.A kepada Direktur Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. dalam video conference pada hari Rabu, 27 Mei 2020.

Dalam sambutannya Prof. Herri, MBA  menyampaikan selamat atas pembukaan prodi baru ini. Beliau berharap dengan dibukanya program Magister Terapan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi yang dijalankan PCR.


Direktur PCR, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. mengaku bersyukur atas telah disetujuinya pembukaan program studi baru khususnya program magister terapan ini.

"Alhamdulillah, pengajuan Program Studi Magister Terapan kita diterima oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). InsyaAllah pada tahun ini proses penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Magister Terapan akan kita buka," ujarnya

Dadang juga mengatakan bahwa pembukaan Program Magister Terapan ini merupakan amanat dari beberapa pihak yakni Kemristekdikti (Kemdikbud) melalui program Polytechnic Education Development Project (PEDP) dan Pemerintah Daerah Provinsi Riau dalam hal mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia pada tingkatan yang lebih tinggi.

"Pemerintah Provinsi Riau ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya guru SMK dan ASN yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Maka dari itu, kami ingin berkontribusi menyukseskan visi Pemerintah Provinsi Riau khususnya dalam meningkatkan tata kelola dengan menerapkan teknologi informasi yang dimulai dari sumber daya manusianya. Di sisi lain program ini juga ditujukan meningkatkan kualitas lulusan SMK di Provinsi Riau melalui peningkatan jenjang akademik dan kompetensi guru-guru SMK," ujarnya.

Proses perencanaan pembukaan Program Magister Terapan sudah dilakukan sejak tahun 2018, hal ini sesuai dengan rencana stragegis (Renstra) Politeknik Caltex Riau. Pada tahun 2019 kita mengajukan proposal pembukaan Program Magister Terapan ke LLDikti Wilayah X untuk Program Studi Teknik Komputer.

"Prodi Teknik Komputer Magister Terapan ini merupakan satu-satunya Program Magister terapan bidang Teknik Komputer dan Informatika di Pulau Sumatera. Prodi ini memiliki kosentrasi pada bidang cyber security, data engineering dan data science, application development, system integration," ungkap Dadang.

Ia juga menambahkan bahwa untuk melanjutkan pendidikan di Magister Terapan ini calon mahasiswa tidak hanya berasal dari perguruan tinggi vokasi namun bisa juga dari universitas.

"Lulusan S1 Universitas dan D4 dari Politeknik bisa mendaftar untuk melanjutkan studi Magister Terapan di Politeknik Caltex Riau. Proses perkuliahan nantinya akan dikombinasi antara perkuliahan tatap muka dan dalam jaringan (daring)," tambahnya.

Pada kesempatan ini Dadang juga menyampaikan bahwa Politeknik Caltex Riau mendukung pemerintah pada program pencegahan penyebaran Coivid-19 dan kampus merdeka.

"Seluruh sivitas akademika Politeknik Caltex Riau saling bahu membahu dan berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk membantu upaya pencegahan penyebaran mulai dari membuat faceshield, melakukan riset ventilator portable dan aplikasi. Pada minggu kemarin, kita menyerahkan 3 aplikasi terkait sistem pemantauan, aplikasi lacak dan dashboard PSBB kepada Pemerintah Kota Pekanbaru," tambahnya.

Hingga saat ini, Politeknik Caltex Riau memiliki 11 Program Studi pada jenjang Ahli Madya (D3), Sarjana Terapan (D4) dan Magister Terapan (S2). Untuk jenjang D3 dan D4 akreditasi program studi sudah meraih akreditasi A dan B.

Dengan fasilitas yang lengkap dan kompetensi pengajar sudah bersertifikasi internasional merupakan pilihan yang tepat utuk melanjutkan pendidikan Magister di Politeknik Caltex Riau. Informasi pendaftaran mahasiswa baru program Magister Terapan bisa dilihat di website https://pascasarjana.pcr.ac.id. (ken)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com