Pemasangan Pompa dan Alat Filter Air di Pokdakan Mina Usaha Rumbai Bukit

Pendidikan | Rabu, 27 Juli 2022 - 22:25 WIB

Pemasangan Pompa dan Alat Filter Air di Pokdakan Mina Usaha Rumbai Bukit
Mahasiswa Kukerta Integrasi Universitas Riau (Unri) merangkai alat otomatisasi mesin pompa dan filter air untuk mengatasi masalah kualitas air kolam Pokdakan Mina Usaha, Rumbai Bukit, pada pekan ketiga Juli 2022. (MAHASISWA UNRI UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Mahasiswa Kukerta Integrasi Universitas Riau (Unri) merangkai alat otomatisasi mesin pompa dan filter air untuk mengatasi masalah kualitas air kolam Pokdakan Mina Usaha, Rumbai Bukit pada 20 Juli 2022.

Kegiatan pemasangan pompa untuk sirkulasi air dan pengaplikasian teknologi filter air merupakan tindak lanjut dari Penyuluhan Peningkatan Mutu Kolam Ikan Patin di Pokdakan yang terletak di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, Riau, sejak 7 Juli 2022.

Yamaha Alfa Scorpii

Hal ini dilakukan sebagai solusi yang dihadirkan dari permasalahan Kolam Ikan Patin Pokdakan Mina Usaha Rumbai Bukit mengenai sumber air yang tidak memadai di saat kemarau dan kualitas air kolam menurun akibat zat pengotor.

Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah air kolam ialah dengan metode filtrasi. Metode filtrasi adalah metode penjernihan air menggunakan filter. Bahan-bahan yang digunakan sebagai komposisi pada drum filter air antara lain; batu bata, batu kerikil, batu zeolit, busa filter, dan ijuk.

Skema utilitas kolam telah dirancang oleh dua mahasiswa Jurusan Arsitektur Unri. Aur dimulai dari air yang ditarik dari kolam 3 dengan pompa kemudian masuk ke dalam filter untuk proses filtrasi kemudian hasil filter air ditampung di kolam 1 dan dialirkan kembali ke kolam 3 melewati kolam 2.

Adalah Azzura Maghfira Putri Arisda dan Naura Azka Putri dua mahasiswa Jurusan Arsitektur Unri dimaksud, mengaku antusias ilmu arsitektur mereka dapat digunakan dalam pembuatan utilitas kolam dan perancangan filter air.


Saya sangat bersyukur karena hal ini sendiri sudah kami persiapkan selama kurang lebih 2 pekan dengan sebaik mungkin sampai puncaknya yakni hari ini terjadi,” kata Azzura.

Ditambahkan rekannya, Naura dalam keterangan resmi yang diterima Riaupos.co, Rabu (27/7/2022), diakuinya memang ada sedikit kendala di lapangan, namun dapat diantisipasi.

"Kalau soal kendala, karena bidang ilmu yang kami dan teman-teman lain pun tekuni tidak terkait secara langsung dengan ikan dan kolam sehingga ini menjadi sebuah tantangan dalam pelaksanaannya, tapi ini juga menjadi pengalaman baru untuk kami semua," beber Naura.

Kegiatan ini, menurut mahasiswa tidak terlepas dari peran penting Ketua kegiatan Pengabdian Unri di wilayah tersebut Dr Saberina Hasibuan, SPi, MT yang merupakan inisiator pembuatan rangkaian pompa air dan alat filter air mengatakan pembuatan alat filter air untuk mengatasi kualitas air kolam pribadi warga bernama Zabur, yang merupakan Ketua Pokdakan Mina Usaha Rumbai Bukit, sebagai pencontohan. 

Merupakan bentuk kerja sama yang bukan pertama kali karena sebelumnya pada 2020 sudah pernah dilakukan pengecekan kualitas air sampai akhirnya didapatkan solusi dengan dibuatnya filter air untuk pemenuhan kebutuhan air pada musim kemarau dan perbaikan kualitas air.

"Alhamdulillah, pompa dan alat filter kita akhirnya terpasang, meskipun ada beberapa kejutan di lapangan, namun dengan kerja sama tim yang baik serta bimbingan dari DPL, Ibu Saberina dan Pak Rahmat yang turut hadir menemani proses pengerjaan dan dukungan dari Mitra Pokdakan. Harapannya semoga dengan pengaplikaian pompa serta filter ini dapat menyelesaikan permasalahan kualitas air kolam ikan patin di Pokdakan Mina Usaha Rumbai Bukit,” ungkap Sekretaris Pelaporan Kukerta Terintegritas di Pokdakan Mina Usaha Rumbai Bukit Indra Muliadi.

Editor: Eka G Putra








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com