BATASI ANAK DALAM HAL PENGGUNAAN GADGET.

Main Gadget Lebih dari 2 Jam Sehari Berbahaya Bagi Anak

Pendidikan | Sabtu, 29 Februari 2020 - 00:19 WIB

Main Gadget Lebih dari 2 Jam Sehari Berbahaya Bagi Anak
Ilustrasi. Kecanduan gadget bisa memengaruhi kesehatan mental anak. (CAN STOCK PHOTO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Penggunaan gadget atau dawai oleh anak memang ada manfaatnya. Namun anak menggunakan gadget secara berlebih dapat menyebabkan hal negatif.

Hal itu diungkapkan Pakar Kids Ability Maximizer Rizqi Pirmansyah. Dia mengungkapkan, berdasarkan hasil riset, dampak negatif dari gadget lebih besar dibandingkan manfaatnya. Dia pun mewanti-wanti supaya anak dibatasi dalam hal penggunaan gadget.

"Kita sudah melakukan riset, apa sih yang paling menyakitkan saat ini? Dari banyaknya responden, hasilnya adalah gadget," kata Rizqi Pirmansyah saat ditemui dalam acara sharing solution bertajuk "Aktivitas Fisik Atasi Anak Kecanduan Gadget".

Anak yang dibiarkan menggunakan gadget secara berlebih, katanya, bisa menghambat tumbuh kembang anak. Sehingga karena terlalu asik dengan gadget, anak tidak memiliki kemampuan hidup ketika dewasa. Karena kurangnya interaksi dengan orang lain. Bahkan, bisa menyebabkan gangguan mental.

"Apa sih yang menjadi concern kita ketika anak sudah candu gadget. Mereka tidak optimal perkembangannya dan bisa mengalami gangguan mental," tuturnya.

Lantas, berapa waktu maksimal anak bermain gadget? Kalau pun anak harus menggunakan gadget, menurut penuturan Rizqi Pirmansyah, tidak boleh lebih dari dua jam. Maksimal untuk anak usia 3 sampai 6 tahun, hanya diperbolehkan menggunakan gadget 2 jam dalam sehari.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com