EKONOMI-BISNIS

Staycation Aman di FOX Hotel Pekanbaru

Pendidikan | Selasa, 30 Juni 2020 - 09:47 WIB

Staycation Aman di FOX Hotel Pekanbaru
Suasana pool FOX Hotel Pekanbaru yang bersih dan sudah sesuai protokol Covid-19 membuat momen staycation terasa menyenangkan dan nyaman. Foto diambil, Sabtu (27/6/2020).(BAYU SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pandemi Covid-19 membuat kita harus menahan diri untuk berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. Tapi, lama-lama di rumah saja, tentu rasa bosan muncul. Salah satu hal yang bisa mengobati kerinduan akan liburan adalah staycation. Alih-alih vacation ke luar kota, staycation tetap memberikan penyegaran dan sensasi seperti liburan tanpa perlu pelesiran.

Memilih lokasi untuk staycation di masa pandemi ini juga tidak boleh sembarangan. Hotel yang dituju harusnya aman dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Salah satu hotel yang komit dalam mentaati protokol tersebut adalah FOX Hotel. Hotel yang berada di Jalan Riau Nomor 147 Pekanbaru ini menawarkan kenyamanan bagi para tamu karena memiliki inovasi dan treatment khusus selama pandemi.

Ini diakui oleh pihak FOX Hotel Pekanbaru melalui General Manager FOX Hotel Pekanbaru, Rizky Corleon. Menurutnya, FOX Hotel ingin memastikan semuanya steril dan para tamu pun merasa aman. "Kami sangat memperhatikan segi kebersihan dan kenyamanan. Karena itu, kami beri treatment extra selama masa pandemi ini," ujarnya.

Saat tamu baru memasuki hotel, suhu tubuh akan dicek satu per satu. Semua tamu dipastikan sudah memakai masker. Jarak antara tamu satu dan lainnya pun diatur. Menginjakkan kaki di lantai 2 receptions, pegawai hotel langsung  menyambut tamu dengan ramah. Semuanya mengenakan masker, face shield dan juga sarung tangan. Tamu kemudian akan diarahkan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan, lalu diminta mengisi data untuk mendapatkan akses.


Data pun diisi secara online. Tamu cukup scan QR Code yang disediakan untuk terhubung ke link pendaftaran akses. Tujuannya agar mengurangi sentuhan langsung yang berpotensi menyebarkan Covid-19. Barulah kemudian satu per satu tamu diarahkan menuju meja receptions yang sudah dilengkapi dengan pembatas transparan.

Hand sanitizer dan tisu tersebar di mana-mana sehingga tamu dan pengunjung pun bisa langsung membasuh tangan mereka dengan hand sanitizer. Di samping itu, untuk lift juga sudah diberi sign dan kotak berbentuk jejak kaki. Dibatasi maksimal hanya boleh lima orang dalam satu lift. Agar saat menekan button lift jari tak menyentuh secara langsung, pihak hotel menyediakan tusukan kecil demi memudahkan pengguna lift.

Setibanya di depan pintu kamar, tamu akan mendapati pemandangan berbeda. Di pintu tersebut tertempel stiker besar bertuliskan "clean seal" berwarna ungu. Itu menjadi penanda, bahwa ruangan yang akan ditempati tamu sudah dibersihkan dan diproteksi terlebih dahulu. Bisa dibilang seperti membuka segel pada kemasan. Seal akan robek bersamaan dengan saat pintu terbuka.

Suasana kamar sepintas sama dengan kamar umumnya. Namun, jika diamati lebih jauh, beberapa item ternyata sudah disarungi dengan plastik agar steril seperti gelas dan sendok, handuk, sandal dan lainnya. Aroma disinfektan pun tipis-tipis tercium. Ya, setiap tamu check out, kamar akan disemprot disinfektan terlebih dahulu.

"Penyemprotan ruangan dengan disinfektan rutin kami lakukan setiap kali make up room. Termasuk membungkus beberapa item dengan plastik. Semua demi memastikan kamar yang akan ditempati tamu sudah benar-benar steril dan aman. Setelah semua clean, nantinya akan dipasang stiker clean seal di depan pintu sebagai tanda ruangan sudah diproteksi dan steril sesuai protokol kesehatan," paparnya.

View dari kamar sangatlah indah. Pengunjung bisa melihat suasana perkotaan dan spot ikonik di Pekanbaru seperti Jembatan Siak dan lainnya. View pada malam hari pun tak kalah menarik. Kelap-kelip lampu kota memberi sensasi rileks bagi mata.

FOX Hotel juga memberikan fasitilas gym dan renang khusus bagi tamu yang menginap. Fasilitas ini berada di lantai 15. View dari sini pun lebih indah lagi. Seluas mata memandang, tampak wajah Kota Pekanbaru dari ketinggian. Kolam renangnya juga bersih dan nyaman. Pengunjung bisa bebas berenang atau sekadar mencelupkan kaki di airnya yang bening tanpa perlu khawatir. Namun, untuk saat ini FOX Hotel membatasi jumlah makmisal pengunjung yang berenang di pool.

"Untuk saat ini, fasilitas pool, kami prioritaskan untuk tamu yang menginap saja. Karena kami mengikuti instruksi new normal sesuai protokol kesehatan, maksimal jumlah yang berenang juga tidak melebihi dari lima orang. Treatment air kolam renang pun sudah memenuhi standar new normal protokol kesehatan, di mana  air kolam renang kami juga menggunakan disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm. Ini dilakukan setiap hari dan hasilnya diinformasikan di papan informasi agar dapat diketahui oleh tamu yang ingin menggunakan fasilitas kolam renang," papar General Manager FOX Hotel Pekanbaru.

Begitupun area gym. Semuanya juga dipastikan bersih dan aman. Di lantai ini, juga terdapat fasilitas Cub Club atau area permainan anak. Jika tamu ingin order makanan atau minuman hotel, kini tak perlu lagi menunjuk dan melihat buku menu. Cukup scan QR Code WhatsApp access yang langsung terhubung pada operator hotel. Pengunjung bisa langsung menghubungi kontak tersebut untuk meminta catalog menu dan bisa langsung memesan via aplikasi tersebut.

Apabila pengunjung ingin menikmati makanan langsung dari resto hotel, sebelum masuk resto, pengunjung akan kembali dicek suhu tubuh. Kemudian diwajibkan menggunakan hand gloves yang terbuat dari plastik guna mencegah penyebaran Covid-19. Kursi dan meja juga sudah diberi jarak dan tanda silang agar pengunjung tetap menjaga jarak.

Menu di sini sangat lengkap. Mulai dari menu nusantara hingga western, semua tersedia. Begitupun menu breakfast. FOX Hotel menyajikan menu seperti nasi goreng, mi goreng, roasted chicken, bubur ayam, aneka cemilan manis, aneka minuman, cereal, roti dan masih banyak lagi. Semua disajikan secara prasmanan dan fresh. Petugas hotel yang ada di sana juga melengkapi diri dengan masker dan face shield.

Kalau sudah begini, momen staycation tetap akan terasa menyenangkan meski tengah pandemi. Walaupun hanya sehari, paling tidak pikiran bisa fresh dan rileks. Tapi, jangan lupa untuk tetap mawas diri dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak sesuai dengan anjuran pemerintah.(das)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  rp-2020-07-16.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com