DIHADIRI MENPAR SANDIAGA UNO

Ahad Malam, Dispar Riau Launching Kalender Iven Pariwisata 2021

Pesona Indonesia | Minggu, 11 April 2021 - 10:11 WIB

Ahad Malam, Dispar Riau Launching Kalender Iven Pariwisata 2021
Kadispar Riau, Roni Rakhmat berkunjung di stan Festival Ekraf 2021, di Bandar Serai Pekanbaru, Sabtu (10/4/2021) malam. (DISPAR RIAU UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO - Dinas Pariwisata (Dispar) Riau akan meluncurkan Aplikasi  Jemari (Jendela informasi pariwisata Riau), sekaligus peluncuran agenda pariwisata atau Launching Calendar of Events (CoE) 2021. Kegiatan digelar Ahad (11/4/2021) malam di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau. 

Selain meluncurkan dua kegiatan tersebut, pada rangkaian kegiatan ini juga bakal digelar acara Anugerah Pariwisata 2021, dan Festival Ekonomi Kreatif. Mengangkat tema Riau Reborn, iven ini bakal dihadiri Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara virtual dan Gubernur Riau, H Syamsuar secara langsung dimulai pukul 20.00 WIB. 


Selain itu, iven ini juga akan dimeriahkan oleh sejumlah pekerja seni Riau, disiarkan langsung melalui video streaming kanal YouTube Dinas Pariwisata Riau. Adapun pekerja seni yang akan tampil pada iven adalah, Rino Dezapati & The Syndicate, Wak Zoel Pengat, David Saputra, Giring, Sanggar Sri Melayu, District, Rumah Sunting, Orkes Melayu Orang Kampung (Omok), Farid Jonathan & Friends, Matroks & Friends, Riau Street Musicians, dan Dj Semalam Saja. 

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat mengatakan, bahwa iven Riau Reborn yang digagasnya itu, sebagai pemantik guna membangkitkan sektor pariwisata Riau yang terpuruk akibat pandemi Covid-19

Ia menyebutkan, bahwa kebangkitan sektor pariwisata bisa dicapai dengan kerja sama dari segenap pemangku kepentingan terkait. Selain itu, juga harus melakukan adaptasi penerapan standar protokol kesehatan sesuai panduan CHSE Kemenparekraf, di setiap destinasi wisata. Kemudian, melakukan kolaborasi dengan mengedepankan komunikasi terbuka dan kerja sama antar pihak yang terkait di dalamnya. 

"InshaAllah, untuk membangkitkan sektor pariwisata di Riau, kami akan mempersembahkan kegiatan Anugerah Pariwisata kepada pelaku pariwisata, Launching Calendar of Events 2021_m dan peluncuran Aplikasi Jemari," kata Roni melalui keterangan resmi yang diterima Riaupos.co, Ahad, (11/4/2021).

Aplikasi jemari adalah inovasi yang digagas Dispar Riau untuk memberikan informasi terkini tentang data A3 (Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas) destinasi wisata juga ekonomi kreatif, serta desa wisata yang ada di masing-masing kabupaten/kota kepada masyarakat luas. 

Jemari hadir untuk memudahkan wisatawan lokal dan mancanegara, menemukan lokasi wisata di Provinsi Riau. Aplikasi ini bisa diunduh pengguna ios dan android, yang mana nantinya operator merupakan representative admin dari masing-masing Kabupaten/Kota untuk dapat memperbaharui data sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. 

Selain itu, pada Tahun 2021 ini, Dispar Riau akan meluncukan kalender pariwisata Riau. Sebanyak 73 iven telah diusulkan dari Kabupaten/Kota diantaranya, Festival Budaya Parahu Baganduang (Kuansing), Haul Marhum Pekan (Pekanbaru),Parade Tari (Pekanbaru), Lomba Mancing (Dumai), Festival Muara Takus (Kampar), 

Lalu, Ritual Tolak Bala Atib Koambai (Rohil), Festival Gasing Internasional (Siak), Gema Muharram (Inhil), Pacu Sampan (Inhu), WDO Endurance 2021 (Pekanbaru), Jelajah Wisata Alam (Inhil), Festival Bono Surfing Bekudo Bono (Pelalawan), Festival Siak Bermadah (Siak), Lampu Colok (Bengkalis), dan Subayang Festival (Kampar). Penyelenggaraannya dengan penerapan standar protokol kesehatan sesuai panduan *CHSE* Kemenparekraf. 

Berikut akan ada 11 Anugerah Pariwisata Riau 2021 dipersembahkan Dispar Riau, yaitu, atraksi budaya terpopuler, cinderamata terpopuler, destinasi terpopuler, dan iven wisata terpopuler. 

Kemudian, kuliner khas terpopuler, pegiat seni terbaik, pokdarwis terbaik, ekowisata terpopuler, situs sejarah terpopuler, surga tersembunyi terpopuler, dan pemerintah kabupaten/kota tergiat mempromosikan pariwisata.

Masih bersempena dengan iven ini, Dispar Riau juga menggelar Festival Ekraf Riau. Sedikitnya ada 14 stan bazar yang menawarkan beragam kudapan khas Riau dan Kriya. Festival Ekraf Riau digelar mulai tanggal 10-11 April 2021 di halaman Bandar Seni Raja Ali Haji purna MTQ jalan Sudirman, Pekanbaru. 

Terpisah, Master Assessor Pariwisata, Osvian Putra mengatakan, bahwa gawe Dispar Riau di awal kuartal kedua 2021 dalam suasana pandemi, dirasakan cukup untuk menjadi trigger bagi ekosistim Kepariwisataan Riau, yang memang sangat minim aktivitas semenjak setahun terakhir. 

"Maka, untuk itu taktik dan strategi baru perlu dibuat untuk beradaptasi dengan model pariwisata terkini pada suasana pandemi ini," kata Osvian. 

Editor: Eka G Putra


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  23-jun.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com