Pesona Talau Pusako

Pesona Indonesia | Minggu, 25 Juli 2021 - 10:36 WIB

Pesona Talau Pusako
Makin asyik bersama teman dan keluarga. (KOLEKSI PRIBADI)

Tempat wisata ini namanya Talau Pusako. Di sini, pengunjung bisa bermain sepeda gantung, berenang, kemping, dan yang pasti menikmati keteduhan danau yang luas.

(RIAUPOS.CO) - WISATA alam menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk menghasbiskan akhir pekan. Dalam waktu yang singkat, mereka pun mencari tujuan yang tidak perlu waktu lama, tapi bisa bersantai dan tenang.


Salah satu wisata ini adalah bentang alam Danau PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar  yang terus berkembang. Selalu saja ada tempat wisata baru di kawasan tersebut. Baru-baru ini muncul Talau Pusako, tempat wisata tepian danau sekaligus sebuah pulau di tengah danau yang ramai didatangi pengunjung.

Talau Pusako terletak sekitar 5 menit setelah jembatan Rantau Berangin atau beberapa menit sebelum gerbang Kampung Patin. Letaknya di Desa Koto Mesjid, Kenegerian Pulau Godang, Kecamatan XIII Koto Kampar. Jarak tempuh dari Pekanbaru sekitar 1,5 jam saja.

Di Talau Pusako, kendaraan roda dua atau roda empat bisa langsung sampai ke tepian danau. Jalan akses dari jalan lintas turun ke bawah hingga ke tepian danau, nyaman untuk dilewati. Jadi, tempat ini juga sangat cocok untuk wisata krluarga.

Di tepian ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umun, sepeti gazebo, pondokan, listrik, kamar mandi, bahkan ada sepeda gantung, titian dan rumah pohon.

Bank BJB

Jika dengan duduk di tepiannya saja bisa menikmati keindahan danau, apalagi dari atas sepeda gantung. Hamparan air danau yang luas beserta gugusan pulau-pulau di tengahnya, pasti terlihat semua. Keren bukan?

Di tepian danau ini juga ada dermaga dan lokasi kemping yang luas. Bagi yang tidak ingin menyeberang ke pulau, cukup di sini saja juga sudah menyenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin berpetualang, ke Pulau Talau Pusako pilihan yang tepat. Pengelola menyediakan sewa boat, live jacket, hammock dan tenda. Di pulau juga dilengkapi dengan listrik, toilet, pondokan berukuran 4x8 meter, pohon-pohon tempat hammock, serta lokasi kemping yang luas. Dan semuaya menghadap ke tengah danau yang luas.

Bagi pengunjung yang suka mancing, di sini memang tempatnya. Banyak ikan. Jadi, sambil kemping, mancing dan bakar-bakar ikan.

Pihak pengelola, Gepy Hendrayani, tidak sendiri membangun tempat wisata ini. Bersama pembina Datuok Tandiko Arisman dan Kepala Desa Koto Mesjid, ia ingin baju bersama dsn terus melakukan pembenahan serta melengkapi berbagai fasilitas di atas lahan sekitar 9 hektare tersebut. Salah satu yang sedang dipersiapkan adalah flying fox. Tentu akan semakin seru bukan? Apalagi, ayo ke Talau Pusako!! *

 

Laporan KUNNI MASROHANTI, Kampar
Foto: KOLEKSI PRIBADI

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook





TERBARU



Froozen Food - FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com