POLITIK

KPU Tetapkan Rezita-Junaidi Nakhoda Baru Inhu

Politik | Sabtu, 01 Mei 2021 - 07:10 WIB

KPU Tetapkan Rezita-Junaidi Nakhoda Baru Inhu
Rezita Meylani Yopi SE dan Drs H Junaidi Rachmat MSi foto bersama saat memegang SK dan berita acara penetapan pasangan calon terpilih di KPU Inhu, Rengat, Jumat (30/4/2021). (KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menetapkan pasangan calon (paslon) Rezita Meylani Yopi SE-Drs H Junaidi Rachmat MSi sebagai bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020. Penetapan paslon terpilih ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Inhu, Jumat (30/4). Ketua KPU Inhu Yenni Mairida SE MM memimpin rapat pleno dengan didampingi tiga komisioner KPU dan satu komisioner mengikuti secara daring.

Rapat pleno itu juga dihadiri Sekdakab Inhu Ir H Hendrizal MSi, Wakil Ketua I DPRD Inhu Masyrullah SP serta forkopimda daerah itu. Selain itu juga hadir Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir serta perwakilan partai politik. Dalam rangkaian rapat pleno itu, Ketua KPU Inhu membaca surat keputusan (SK) Nomor 33/PL.02.6-BA/1402/KPU-Kab/IV/2021 tentang penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu tahun 2020. Kemudian SK tersebut dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani oleh masing-masing komisioner KPU.


Usai penandatanganan, SK dan berita acara diserahkan kepada Ketua DPRD Inhu dalam hal ini diterima Wakil Ketua I Masyrullah SP. SK dan berita acara juga diserahkan kepada paslon terpilih dan partai pengusung masing-masing paslon. Selain Rezita-Junaidi, juga tampak hadir wakil bupati paslon nomor urut 3 yakni H Agus Rianto SH. Sementara paslon lainnya, tidak terlihat hadir pada acara tersebut.

Yenni Mairida mengatakan, rapat pleno penetapan paslon terpilih merupakan akhir dari tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu.

"Setelah SK dan berita acara penetapan paslon terpilih diserahkan kepada DPRD dan pihak lainnya, maka berakhirlah tugas KPU dalam tahap pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu tahun 2020," ujar Yenni.

Dalam berita acara penetapan paslon terpilih Rezita-Junaidi meraih perolehan suara terbanyak dengan 50.412 suara atau 26,54 persen. "Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan pilkada di Kabupaten Inhu dengan partisipasi pemilih mencapai 69 persen," terangnya.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan, proses pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu cukup panjang hingga terjadi pemungutan suara ulang (PSU) atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kabupaten Inhu termasuk salah satu kabupaten yang ada pelaksanaan PSU," ucapnya.

Pada tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati, Inhu juga salah satu kabupaten/kota di Riau yang terdapat adanya paslon dari jalur perseorangan atau independen. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap sukses.

"Sembilan daerah yang menyelenggarakan pilkada tetap menjadi perhatian kami, demi suksesnya pilkada," terangnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Inhu Chairul Riski memberikan sambutan yang dibacakan Sekdakab Inhu Ir H Hendrizal MSi mengatakan, Pemkab Inhu mengapresiasi dan menghormati seluruh proses tahapan pemilihan yang telah dilakukan KPU Inhu.

"Suksesnya penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu tak lepas dari peran serta seluruh elemen penyelenggara, mulai dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan seluruh pihak terkait lainnya," ujar Hendrizal.(kas)

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com