Resmi, Jokowi-Ma’ruf Tinggal Dilantik

Politik | Senin, 01 Juli 2019 - 10:16 WIB

Resmi, Jokowi-Ma’ruf Tinggal Dilantik
PENETAPAN: Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin bersama Ketua KPU Arief Budiman saat penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di kantor KPU, Jakarta, Ahad (30/6/2019). (FEDRIK TARIGAN/JPG)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Status paslon peserta pemilu untuk Joko Widodo- Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno resmi berakhir, Ahad (30/6). KPU secara resmi menetapkan Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia untuk periode 2019-2024. Saatnya bersatu dan kembali bekerja.

Tensi politik sendiri mulai turun sejak MK selesai membacakan putusan Kamis (27/6) lalu. Apalagi, Prabowo-Sandiaga juga telah menyatakan menerima putusan MK. Meskipun tanpa ucapan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf. Prabowo dan Sandiaga juga tidak hadir dalam penetapan presiden dan wapres terpilih kemarin. Sofa di samping Jokowi-Ma’ruf kosong.

Momen penetapan berlangsung dalam suasana yang hangat. Jokowi dan Ma’ruf tiba di KPU pukul 15.52 dengan menumpang mobil Kijang. Tanpa didampingi istri masing-masing, keduanya kompak mengenakan atasan warna putih. Mereka disambut Komisioner KPU Hasyim Asy’ari dan Sekjen KPU Arif Rahman Hakim dan langsung menuju ruang rapat pleno di Aula lantai 2 KPU.

Selanjutnya, Komisioner KPU Evi Novida Ginting membacakan berita acara penetapan presiden dan wapres terpilih. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan KPU yang isinya menetapkan Jokowi dan Ma’ruf sebagai presien dan wakil presiden terpilih. SK tersebut lantas diserahkan kepada Jokowi-Ma’ruf.

Momen akrab yang seharusnya menjadi milik keempat tokoh sedikit berubah. Hadir mewakili Prabowo menerima salinan SK adalah Kabid Advokasi DPP Partai Gerindra, Habiburrokhman. Usai menerima salinan SK, dia tidak langsung kembali ke kursinya. Melainkan mendatangi kursi Jokowi dan Ma’ruf. Habiburrokhman dengan takzim mencium tangan Ma’ruf, dilanjutkan menyalami Jokowi.

Jokowi mengawali sambutannya usai menerima SK, dengan mengucap terima kasih kepada para pemilihnya yang telah memberi amanat. Pemilih Jokowi-Ma’ruf tercatat berjumlah 85.607.362 orang atau setara 55,5 persen suara sah pilpres.(byu/jpg)
 

 

 
>>>Selengkapnya baca Harian Riau Pos
Editor: Eko Faizin





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri


EPAPER RIAU POS  2020-05-21.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com