PILKADA 2020

LP2D: Peran Aktif Masyarakat Pada Pilkada Penting untuk Demokrasi

Politik | Selasa, 08 September 2020 - 16:44 WIB

LP2D: Peran Aktif Masyarakat Pada Pilkada Penting untuk Demokrasi
Lingkar Peduli Pemilu dan Demokrasi (LP2D) berfoto bersama Anggota Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru Fitri Heriyanti di Kantor Bawaslu Pekanbaru,Selasa (8/9/2020).(LP2D FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Lingkar Peduli Pemilu dan Demokrasi (LP2D) mendatangi kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru, Selasa (8/9/2020). Kunjungan LP2D kali ini masih bertujuan untuk bersilaturahmi dan berdiskusi bersama Bawaslu Pekanbaru.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Umum LP2D Selfia Ulfalaili saat berbincang dengan Anggota Bawaslu Pekanbaru Fitri Heriyanti.


"LP2D adalah sebuah perkumpulan yang aktif dan bergerak menyampaikan informasi berisi pesan moral dan nilai-nilai tentang kepemiluan dan demokrasi," ujar Selfia. 

Ia melanjutkan, tang melatarbelakangi berdirinya LP2D adalah penting nya peran aktif dari masyarakat khusunya lingkar mahasiswa dalam membangun semangat partisipatif untuk mengawal proses demokrasi yang diwujudkan melalui pemilihan. 

Meski sudah ada lembaga adhoc yang di dirikan oleh pemerintah, yakni KPU dan Bawaslu, namun partisipasi dan pro aktif masyarakat sangat penting agar nilai-nilai demokrasi yang dibangun adalah demokrasi yang sehat, berkualitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. 

Sementara itu, Anggota Bawaslu Pekanbaru Fitri Heriyani menjelaskan, Bawaslu Kota Pekanbaru meskipun tidak menyelenggarakan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana yang sudah di tetapkan. Seperti melakukan sosialisasi, memberikan pendidikan politik dan turun langsung ke masyarakat hingga daerah terpencil, guna memastikan semua masyarakat yang memenuhi syarat menyalurkan aspirasi politiknya. 

"Namun memunculkan kesadaran masyarakat tidak cukup hanya peran Bawaslu, dibutuhkan peran civil society yang kontributif dan pro aktif seperti LP2D untuk membantu memberikan edukasi politik kepada masyarakat," pungkasnya.

Laporan : M Ali Nurman (Pekanbaru)
Editor : Afiat Ananda








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-27.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com